Kelas VIID Jam Ke 3-4 dan VII C Jam Ke 9-10
Judul : Ekologi & Keanekaragaman hayati
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas : VIIC dan VIID
Fase : D
Elemen : Pemahaman IPA dan
Ketrampilan proses
Pertemuan : 4
Materi : Pencemaran Lingkungan
Guru
Pengampu : Wulan Aida Permata
D,S.Pd
Waktu
Pembelajaran : 28 April 2025
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik
memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya;
sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan
campuran sederhana; sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau
gangguan yang muncul pada sistem organ; interaksi antar makhluk hidup dan
lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi
perubahan iklim; serta pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan
sekitarnya
Tujuan Pembelajaran :
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat :
Peserta didik dapat menganalisis interaksi antar komponen
penyusun suatu ekosistem
Assalamualaikum wr wb
Bagaimana kabar sholeh sholeha ?
semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar.
Sebelum memasuki materi hari ini , masih ingatkah dipertemuan sebelumnya kita
sudah mempelajari pencemaran
lingkungan yaitu pencemaran udara.
Hari
ini kita akan melanjutkan materi yaitu
Ekologi & Keanekaragaman hayati yaitu Pencemaran lingkungan yaitu
pencemaran suara
Silakan
kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu
sholeh sholeha…
Materi pembelajaran :
Evaluasi
Setelah
melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan absensi dengan
nama lengkap dan kelas dikolom komentar blogger serta menjawab LKPD dikolom komentar blogger.
Jangan lupa mengirimkan
hasil bukti screenshoot absensi dan jawaban dikolom komentar blogger dan foto kegiatan pembelajaran
ipa ke ibu whatshapp 085840707929 .Apabila ada yang belum jelas bisa ditanyakan
.
Kesimpulan
Setelah
memahami materi tersebut dapat
disimpulkan bahwa :
Polusi
suara atau pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang
diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan
ketidaktentraman makhluk hidup di sekitarnya.
Dampak dari Pencemaran Bunyi/Suara
- Tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu
(lamanya) kontak. Menurut WHO, tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3,
yaitu sebagai berikut :
- Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada
panca indra dantubuh serta telah menimbulkan kerusakan pada ekosistem
lain.
- Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan
menyebabkan sakit yangkronis.
- Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besarnya sehingga
menimbulkangangguan dan sakit atau kematian dalam lingkungan.
Cara
Menanggulangi Pencemaran Bunyi/Suara
1. Penggunaa alat peredam suara
2.Pendidikan, melalui pendidikan dapat memberikan
kesadaran serta membentuk sikap positif terhadap alam sekiar terutama dari
hal-hal yang sangat kecil.
3.Tanggung jawab bersama, Pemerintah harus berperan dalam
membuat hukum untuk melindungi alam sekitar.
4.Pameran dan kampanye lingkungan, Mengadakan pameran
secara berkala disetiap daerah tertentu tentu perlu dilakukan dengan
mendistribusikan brosur tentang penyebab dan dampak pencemaran suara terhadap
lingkungan dan manusia.
5. Melalui media massa, Penyiaran masalah terkait
lingkungan agar masyarakat peka dan berhati-hati untuk melindungi lingkungan
dari pencemaran.
Referensi
Materi
1.
https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/ Widodo, dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Semester Ganjil.
Jakarta: Depdiknas.
2.
Kemetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Ilmu
Pengetahauan Alam SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan
Campbell, Reece. 2020.
Biologi. Jakarta: Erlangga.
3.
Widodo,
dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Semester Ganjil. Jakarta:
Depdiknas.Kemetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Ilmu Pengetahauan Alam SMP Kelas VII. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Pembukuan
m.rubby rielos pratama 7c hadir
BalasHapusrevitha gunawan putri 7c
naaila raniah putri 7c
ayyla azzura jeanprianti 7c
diah ayu kartika, 7c, absen no 9
Hapus1.benar
2.benar
3.salah
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNavara Azka Wijayanto 7d
BalasHapusABSEN 16
1. BENAR
2.BENAR
3.SALAH
gagah ramadhan azka s. 7d
BalasHapusabsen 8
Dzaky hafiz ramadhan 7c
BalasHapus1.benar
2.benar
3.salah
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusm raffa riski pramudya 7d
BalasHapusabsen 12
M. Alfathama Dante saputra
BalasHapus7d hadir absen 9
Putri Nabila sari 7d
BalasHapusBenar
Benar
Salah
darion Alvaro falco 7d absen 6
BalasHapus-benar
-benar
-salah
Zivana Azolla 7d
BalasHapus-benar
-benar
-salah
Syafira Hestiara Putri 7D
BalasHapus-Benar
-Benar
-Salah
M.ghaisan abqory,7D hadir absen 12
BalasHapusNizam putra ramadhan, 7D absen 17
BalasHapus1.Benar
2.Benar
3.Salah
Niken Keira Kasih 7C
BalasHapus1. Benar
2. Benar
3. Salah
M.Faris narapati,7D absen 11
BalasHapus1.benar
2.benar
3.salah
Aditya bintang Pratama 7D,absen 2
BalasHapus1.Benar
2.Benar
3.Salah
Anggun daperi aprilia 7D,absen 4
BalasHapusSalsabila farahani H.absen 23
1.Benar
2.Benar
3.Salah
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusRaisa Latifa Aurelia 7c
Hapus1. Benar
2. Benar
3. Salah
Syahquita Zoya Arpansa
BalasHapus1.Benar
2.Benar
3.Salah
darren alfantino 7c
BalasHapus1.benar
2.benar
3.salah
liya zafirah wikayla 7c
BalasHapus1. benar
2. benar
3. salah
afiqa afra zahirah 7c
BalasHapus1. benar
2. benar
3. salah
alfathi Jagaraga Wicaksono 7c
BalasHapus1.benar
2.benar
3.salah
Ariz dzaky ramadhan 7d
BalasHapus1.benar
2.benar
3.salah
BalasHapus1.benar
2.benar
3.salah
yurike widya putri
BalasHapusdhevin alviandra hermawan 7c,absen 8
BalasHapus1.benar
2.benar
3.salah