Kelas VIII A Jam ke 1-3 dan VIII B Jam Ke 9-10
Judul :
Unsur,senyawa dan campuran
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas : VIII A dan VIII B
Fase : D
Elemen : Pemahaman IPA dan
Ketrampilan proses
Pertemuan : 2
Materi : Senyawa
Guru
Pengampu : Wulan Aida Permata
D,S.Pd
Waktu
Pembelajaran : 10 April 2025
Capaian Pembelajaran :
Peserta
didik memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan
perpindahannya terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan
tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber
energi listrik ramah lingkungan.
Tujuan Pembelajaran :
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat :
1.
Peserta
didik mampu mendeskripsikan perbedaan antara unsur dan senyawa.
2.
Peserta
didik mampu menyajikan informasi tentang penggunaan unsur tertentu dan
senyawanya dalam kehidupan
Assalamualaikum wr wb
Bagaimana kabar sholeh sholeha ? semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar. Sebelum memasuki materi hari ini , masih ingatkah bahwa dipertemuan sebelumnya kita telah membahas unsur
Hari ini kita akan melanjutkan materi senyawa. Silakan kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu sholeh sholeha…
Materi pembelajaran :
Evaluasi
Setelah
melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan LKPD
terlampir sebagai berikut
Kesimpulan
Setelah memahami materi tersebut dapat disimpulkan bahwa :
Gabungan
dua unsur atau lebih melalui reaksi kimia disebut dengan senyawa. Oleh karena
itu, dapat diartikan senyawa
adalah suatu zat tunggal yang dapat diuraikan menjadi zat-zat lain yang lebih
sederhana melalui reaksi kimia.
Contoh senyawa yang sering kita jumpai dalam
kehidupan sehari-hari adalah air.
Air merupakan gabungan dari unsur hidrogen (H) dan oksigen (O) dengan rumus
kimianya, yaitu H2O.
Berdasarkan asal pembentukkannya, senyawa digolongkan menjadi dua jenis, yaitu senyawa organik dan senyawa anorganik
Referensi
Materi
-
Sri
Handayani Lestari, dkk., Buku Panduan
Guru Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021
-
Okky
Fajar Tri Maryana, dkk., Ilmu Pengetahuan
Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan
Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
Jakarta, 2021
-
Kementerian
Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (26 Maret 2018). Miliki 127
Gunung Api Aktif Jadikan Indonesia “Laboratorium” Gunung Api Dunia. Diakses
dari:
https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsipberita/miliki-127-gunung-api-aktif-jadikan-indonesia-laboratorium-gunungapi-dunia
tanggal 3 Desember 2020.
-
Kemdikbud.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari: https://kbbi.web.id/ tanggal 15
Desember 2020.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar