Jumat, 11 April 2025

Kelas VIII B Jam ke 1-3 dan VIII B Jam Ke 4-5

 

Kelas VIII B  Jam ke 1-3  dan VIII B  Jam Ke 4-5






Judul                           : Unsur,senyawa dan campuran

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas                           : VIII B dan VIII A

Fase                             : D

Elemen                        : Pemahaman IPA dan Ketrampilan proses

Pertemuan                   : 3

Materi                          : Campuran

Guru Pengampu          : Wulan Aida Permata D,S.Pd

Waktu Pembelajaran   : 11 April  2025

 

Capaian Pembelajaran :

Peserta didik memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan.

 

Tujuan Pembelajaran :

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :

1.      Mendeskripsikan perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran

 

 

Assalamualaikum wr wb

Bagaimana kabar sholeh sholeha ?  semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar. Sebelum memasuki materi hari ini , masih ingatkah bahwa dipertemuan sebelumnya kita telah membahas senyawa

Hari ini kita akan melanjutkan materi campuran. Silakan kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu sholeh sholeha…

Materi pembelajaran    :

























Evaluasi

 

Setelah melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan LKPD terlampir sebagai berikut






Kesimpulan

Setelah memahami materi  tersebut dapat disimpulkan bahwa :

Campuran adalah penggabungan dua macam zat atau lebih tanpa menyebabkan terjadinya perubahan kimia.

Campuran terbagi menjadi 2 Jenis yaitu Campuran homogeny dan campuran heterogen.

Contoh campuran homogen adalah larutan gula dan contoh campuran heterogen adalah pasir dalam air

 

Referensi Materi

 

-          Sri Handayani Lestari, dkk., Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021

-          Okky Fajar Tri Maryana, dkk., Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021

-          Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (26 Maret 2018). Miliki 127 Gunung Api Aktif Jadikan Indonesia “Laboratorium” Gunung Api Dunia. Diakses dari: https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsipberita/miliki-127-gunung-api-aktif-jadikan-indonesia-laboratorium-gunungapi-dunia tanggal 3 Desember 2020.

-          Kemdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari: https://kbbi.web.id/ tanggal 15 Desember 2020.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar