Kelas VIIC Jam Ke 1-3 dan VII D Jam Ke 8-10
Judul :
Ekologi &
Keanekaragaman hayati
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas : VIIC dan VIID
Fase : D
Elemen : Pemahaman IPA dan
Ketrampilan proses
Pertemuan : 4
Materi : Pencemaran Lingkungan
Guru
Pengampu : Wulan Aida Permata
D,S.Pd
Waktu
Pembelajaran : 23 April 2025
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik
memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya;
sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan
campuran sederhana; sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau
gangguan yang muncul pada sistem organ; interaksi antar makhluk hidup dan
lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi perubahan
iklim; serta pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan
sekitarnya
Tujuan Pembelajaran :
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat :
Peserta didik dapat menganalisis interaksi antar komponen
penyusun suatu ekosistem
Assalamualaikum wr wb
Bagaimana kabar sholeh sholeha ?
semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar.
Sebelum memasuki materi hari ini , masih ingatkah dipertemuan sebelumnya kita
sudah mempelajari pencemaran
lingkungan yaitu pencemaran tanah.
Hari
ini kita akan melanjutkan materi yaitu
Ekologi & Keanekaragaman hayati yaitu Pencemaran lingkungan yaitu
pencemaran udara
Silakan
kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu sholeh
sholeha…
Materi pembelajaran :
Evaluasi
Setelah
melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan LKPD
terlampir sebagai berikut
Kesimpulan
Setelah
memahami materi tersebut dapat
disimpulkan bahwa :
Pencemaran
udara merujuk pada suatu keadaan dimana terdapat substansi fisik, biologi, atau
kimia di lapisan udara Bumi (atau di atmosfer) yang jumlahnya membahayakan bagi
kesehatan tubuh manusia serta makhluk hidup lainnya.
Penyebab
pencemaran udara factor alam dan factor manusia dengan segala aktivitasnya.
Dampak pencemaran udara
adalah menganggu system pernapasan, gas pencemar udara lapisan ozon dapat rusak
karena bereaksi dengan radikal bebas klor yang berasal dari senyawa CFC (Chlorofluorocarbon)
yang banyak digunakan sebagai bahan pendingin AC, lemari es, bahan penyemprot
insektisida, penyemprot parfum, penyemprot cat, dan penyemprot rambut.
Efek rumah kaca Hal ini berdampak pada meningkatnya suhu
Bumi, yang dikenal dengan permanasan global serta hujan asam pengotor
bahan bakar fosilserta nitrogen diudara yang beraksi dengan oksigen membentuk
sulfur dioksida dan nitrogen oksida.
Referensi
Materi
1.
https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/ Widodo, dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Semester Ganjil.
Jakarta: Depdiknas.
2.
Kemetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Ilmu
Pengetahauan Alam SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan
Campbell, Reece. 2020.
Biologi. Jakarta: Erlangga.
3.
Widodo,
dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Semester Ganjil. Jakarta:
Depdiknas.Kemetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Ilmu Pengetahauan Alam SMP Kelas VII. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Pembukuan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar