Selasa, 29 April 2025

Kelas VIIA Jam Ke 5-7 dan VII B Jam Ke 8-10

 

Kelas VIIA   Jam Ke 5-7 dan VII B Jam Ke 8-10







 

Judul                           : Ekologi & Keanekaragaman hayati

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas                           : VIIA  dan VIIB

Fase                             : D

Elemen                        : Pemahaman IPA dan Ketrampilan proses

Pertemuan                   : 4

Materi                          :  Pencemaran Lingkungan

Guru Pengampu          : Wulan Aida Permata D,S.Pd

Waktu Pembelajaran   : 29 April 2025

 

Capaian Pembelajaran :

Peserta didik memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan karakteristiknya; sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia, serta pemisahan campuran sederhana; sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ; interaksi antar makhluk hidup dan lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan mengatasi perubahan iklim; serta pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di lingkungan sekitarnya

 

 

Tujuan Pembelajaran :

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :

Peserta didik dapat menganalisis interaksi antar komponen penyusun suatu   ekosistem

 

Assalamualaikum wr wb

Bagaimana kabar sholeh sholeha ?  semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar. Sebelum memasuki materi hari ini , masih ingatkah dipertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari pencemaran lingkungan yaitu pencemaran udara.

Hari ini kita akan melanjutkan materi yaitu Ekologi & Keanekaragaman hayati yaitu Pencemaran lingkungan yaitu pencemaran suara

Silakan kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu sholeh sholeha…

Materi pembelajaran    :

 






 





Evaluasi

 

Setelah melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan absensi dengan nama lengkap   dan kelas  dikolom komentar blogger serta  menjawab  LKPD dikolom komentar blogger.

Jangan lupa mengirimkan hasil bukti screenshoot absensi dan jawaban dikolom  komentar blogger dan foto kegiatan pembelajaran ipa ke ibu whatshapp 085840707929 .Apabila ada yang belum jelas bisa ditanyakan .







Kesimpulan

Setelah memahami materi  tersebut dapat disimpulkan bahwa :

 

Polusi suara atau pencemaran suara adalah gangguan pada lingkungan yang diakibatkan oleh bunyi atau suara yang mengakibatkan ketidaktentraman makhluk hidup di sekitarnya.

 

Dampak dari Pencemaran Bunyi/Suara

  1. Tingkat pencemaran didasarkan pada kadar zat pencemar dan waktu (lamanya) kontak. Menurut WHO, tingkat pencemaran dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut :
  2. Pencemaran yang mulai mengakibatkan iritasi (gangguan) ringan pada panca indra dantubuh serta telah menimbulkan kerusakan pada ekosistem lain.
  3. Pencemaran yang sudah mengakibatkan reaksi pada faal tubuh dan menyebabkan sakit yangkronis.
  4. Pencemaran yang kadar zat-zat pencemarnya demikian besarnya sehingga menimbulkangangguan dan sakit atau kematian dalam lingkungan.

 

Cara Menanggulangi Pencemaran Bunyi/Suara

1. Penggunaa alat peredam suara

2.Pendidikan, melalui pendidikan dapat memberikan kesadaran serta membentuk sikap positif terhadap alam sekiar terutama dari hal-hal yang sangat kecil. 

3.Tanggung jawab bersama, Pemerintah harus berperan dalam membuat hukum untuk melindungi alam sekitar. 

4.Pameran dan kampanye lingkungan, Mengadakan pameran  secara berkala disetiap daerah tertentu tentu perlu dilakukan dengan mendistribusikan brosur tentang penyebab dan dampak pencemaran suara terhadap lingkungan dan manusia.

5. Melalui media massa, Penyiaran masalah terkait lingkungan agar masyarakat peka dan berhati-hati untuk melindungi lingkungan dari pencemaran. 

 

Referensi Materi

 

1.      https://bse.belajar.kemdikbud.go.id/ Widodo, dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Semester Ganjil. Jakarta: Depdiknas.

 

2.      Kemetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Ilmu Pengetahauan Alam SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan Campbell, Reece. 2020. Biologi. Jakarta: Erlangga.

3.      Widodo, dkk. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Semester Ganjil. Jakarta: Depdiknas.Kemetrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 2021. Ilmu Pengetahauan Alam SMP Kelas VII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan

 


33 komentar:

  1. Geleghar 7B hadir


    Jawab:
    1, Benar
    2, Benar
    3, Salah

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Gibran 7b hadir
    Jawab:
    Benar
    Benar
    Salah

    BalasHapus
  4. affan 7b hadir



    jawab:
    1,benar
    2,benar
    3,salah

    BalasHapus
  5. eto anesta 7A hadir

    jawab:
    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus
  6. Gustiawan kusumajaya 7A hadir
    Benar
    Benar
    Salah

    BalasHapus
  7. Maikha Salwa 7A hadir

    1.Benar
    2.Benar
    3.Salah

    BalasHapus
  8. Febri 7b hadir
    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus
  9. Flavio aufaa 7A hadir

    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus
  10. Cinta Nuria 7A hadir
    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus
  11. Ananda tegas satria 7A hadir
    1. Benar
    2. Benar
    3. Salah

    BalasHapus
  12. khairunnisa salsabila 7a hadir
    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus
  13. Annisa 7A hadir

    jawaban:
    1. benar
    2. benar
    3. salah

    BalasHapus
  14. Kenzie 7b hadir

    1.Benar
    2.Benar
    3.Salah

    BalasHapus
  15. Ratifa 7A hadir :
    1. Benar
    2. Benar
    3. Salah

    BalasHapus
  16. Masayu 7B hadir

    1. benar
    2. benar
    3. salah

    BalasHapus
  17. Clara 7A hadir
    1. benar
    2. benar
    3. salah

    BalasHapus
  18. arumi 7a hadir
    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus
  19. Karen 7b hadir

    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus
  20. Rafli 7a hadir
    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus
  21. Lingga 7B hadir

    1.benar
    2.benar
    3.salah

    BalasHapus