Rabu, 27 November 2019

Jenis Peredaran Darah Manusia Hari Rabu Tanggal 27 November 2019 Kelas 8C dan 8E Jam Ke 1-2 dan 6-8


Macam-macam Sistem Peredaran Darah Manusia
Macam-macam Sistem Peredaran Darah Manusia – Sistem peredaran darah pada manusia dan organisme multisel lainnya berfungsi untuk mengangkut nutrisi, oksigen, karbon dioksida dan limbah metabolik.
Sistem peredaran darah manusia berpusat pada jantung, jantung adalah organ berotot yang berirama memompa darah sekitar jaringan pembuluh darah dan meluas ke setiap bagian dari tubuh.
Darah membawa oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk aktivitas jaringan tubuh dan organ, dan memainkan peran penting dalam menghilangkan produk limbah tubuh. Pembuluh darah pada orang dewasa rata-rata membawa sekitar 5 liter (9 gelas) darah. Sistem peredaran darah pada manusia dan organisme multisel lainnya berfungsi untuk mengangkut nutrisi, oksigen, karbon dioksida dan limbah metabolik.

Macam-macam Sistem Peredaran

Sistem peredaran darah pada mamalia dan manusia dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu:

1.      Sistem Peredaran Darah Besar (Sirkulasi Sistemik)

Sistem peredaran darah besar adalah peredaran darah dari jantung (ventrikel kiri) yang di alirkan ke seluruh tubuh melalui arteri. Selanjutnya darah kembali ke jantung lagi melalui pembuluh darah vena
sistem peredaran darah

2.      Sistem Peredaran Darah Kecil (Sirkulasi Paru-paru)

Sistem peredaran darah kecil, yaitu peredaran darah jari keluar dari bilik kanan jantung (ventrikel kanan) menuju ke arteri pulmonalis lalu menuju ke paru-paru. Didalam paru- paru terjadi pertukaran gas oksigen dengan karbon dioksida di alveoli. Darah yang kaya oksigen masuk melalui vena pulmonalis ke serambi kiri jantung.

3.       Sistem Peredaran Darah Manusia

Kerja sistem peredaran darah manusia dikendalikan oleh organ jantung yang berguna untuk memompa darah agar mampu mengalir ke semua tubuh. Saat otot jantung berelaksasi, jantung dalam keadaan mengembang, volumenya besar, dan tekanannya kecil.
Sehingga menyebabkan darah dari vena kava (darah kotor dari tubuh), masuk ke dalam serambi kanan, katup AV terbuka dan darah terus masuk ke dalam bilik kanan. Sementara itu di belahan jantung sebelah kiri, darah dari vena pulmonalis (darah bersih dari paru-paru) masuk ke dalam bilik kiri.
Saat otot jantung berkontraksi jantung dalam keadaan mengerut. Darah yang telah ada dalam bilik kanan dipompa masuk ke arteri pulmonalis. Waktu itu katup AV menutup sedang katup ke arteri pulmonalis membuka.
mekanisme kerja sistem peredaran darah manusiaDi bagian jantung sebelah kiri, darah di dalam bilik kiri dipompa masuk ke aorta. Sementara itu, katup AV menutup, sedang katup ke aorta membuka.Pada sistem peredaran darah manusia terkandung dua lintasan peredaran darah, yakni peredaran darah besar dan peredaran darah kecil. Kedua peredaran darah ini disebut peredaran darah ganda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar