Kelas VIII A Jam Ke 1-3 dan
VIII B Jam Ke 9-10
Judul :
Getaran, gelombang dan cahaya
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas : VIII A dan VIII B
Fase : D
Elemen : Pemahaman IPA dan
Ketrampilan proses
Pertemuan : 2
Materi : Gelombang
Guru
Pengampu : Wulan Aida Permata
D,S.Pd
Waktu
Pembelajaran : 16 Januari 2025
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik memahami hubungan
konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan
suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, gejala
kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam
kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah
lingkungan.
Tujuan Pembelajaran :
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat :
1.
Peserta didik dapat menjelaskan bahwa gelombang adalah getaran yang merambat
2.
Peserta didik dapat menunjukkan contoh contoh gelombang
Assalamualaikum wr wb
Bagaimana kabar sholeh sholeha ?
semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar.
Sebelum memasuki materi hari ini , masih ingatkah bahwa Periode dan Frekuensi saling berhubungan didalam getaran.
Hari ini kita akan
melanjutkan materi Gelombang . Gelombang adalah getaran yang merambat. Silakan
kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu
sholeh sholeha…
Materi pembelajaran :
Evaluasi
Setelah
melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan LKPD
terlampir sebagai berikut
Kesimpulan
Gelombang adalah getaran yang merambat.
• Gelombang elektromagnetik: gelombang yang tidak memerlukan zat perantara dalam rambatannya. Contoh: gelombang radio dan gelombang cahaya
• Gelombang mekanik: gelombang yang memerlukan zat perantara dalam rambatannya. Contoh: gelombang bunyi,gelombang air dan gelombang tali
Gelombang berdasarkan arah getaran
• Gelombang transversal ialah gelombang yang arah getarannya tegak lurus terhadap arah penjalaran
• Gelombang longitudinal ialah gelombang yang arah getarannya sejajar atau berimpit dengan arah rambatannya . Hubungan antara frekuensi ( f ), panjang gelombang ( l ), dan kelajuan rambat gelombang ( v )
V = s/t atau V = l / T
l = V/ F V = l . F F=V/ l
Referensi
Materi
-
Sri
Handayani Lestari, dkk., Buku Panduan
Guru Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021
-
Okky
Fajar Tri Maryana, dkk., Ilmu Pengetahuan
Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan
Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
Jakarta, 2021
-
Kementerian
Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (26 Maret 2018). Miliki 127
Gunung Api Aktif Jadikan Indonesia “Laboratorium” Gunung Api Dunia. Diakses
dari:
https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsipberita/miliki-127-gunung-api-aktif-jadikan-indonesia-laboratorium-gunungapi-dunia
tanggal 3 Desember 2020.
-
Kemdikbud.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari: https://kbbi.web.id/ tanggal 15
Desember 2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar