Jumat, 17 Januari 2025

Kelas VIII B Jam Ke 1-3 dan VIII A Jam Ke 4-5

 

Kelas VIII B Jam Ke 1-3 dan VIII A Jam Ke 4-5

 



Judul                           : Getaran, gelombang dan cahaya

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas                           : VIII B dan VIII A

Fase                             : D

Elemen                        : Pemahaman IPA dan Ketrampilan proses

Pertemuan                   : 2

Materi                          : Bunyi

Guru Pengampu          : Wulan Aida Permata D,S.Pd

Waktu Pembelajaran   : 17 Januari 2025

 

Capaian Pembelajaran :

Peserta didik memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan.

 

Tujuan Pembelajaran :

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :

1. Peserta didik dapat menjelaskan bahwa gelombang adalah getaran yang merambat

2. Peserta didik dapat menunjukkan contoh contoh gelombang



Kelas VIII B Jam Ke 1-3 dan VIII A Jam Ke 4-5

 

Judul                           : Getaran, gelombang dan cahaya

Mata Pelajaran            : IPA

Kelas                           : VIII B dan VIII A

Fase                             : D

Elemen                        : Pemahaman IPA dan Ketrampilan proses

Pertemuan                   : 2

Materi                          : Bunyi

Guru Pengampu          : Wulan Aida Permata D,S.Pd

Waktu Pembelajaran   : 17 Januari 2025

 

Capaian Pembelajaran :

Peserta didik memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan perpindahannya terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber energi listrik ramah lingkungan.

 

Tujuan Pembelajaran :

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat :

1. Peserta didik dapat menjelaskan bahwa gelombang adalah getaran yang merambat

2. Peserta didik dapat menunjukkan contoh contoh gelombang


Materi pembelajaran    :

 

 

 

















Evaluasi

 

Setelah melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan LKPD terlampir sebagai berikut

 




Kesimpulan

Setelah memahami materi tersebut dapat disimpulkan bahwa bunyi termasuk salah satu dari jenis gelombang yang dapat dirasakan oleh indera pendengaran (telinga). Dalam pelajaran fisika, Pengertian bunyi ialah sesuatu yang dihasilkan dari benda yang bergetar.

Syarat terjadi dan terdengarnya bunyi adalah:

1.Terdapat benda yang bergetar (sumber bunyi)

2.Terdapat medium yang merambatkan bunyi, serta

3.Terdapat penerima yang berada di dalam jangkauan sumber bunyi

Gelombang bunyi termasuk dalam gelombang mekanik. Gelombang mekanik adalah gelombang yang merambat melalui medium perantara

Karakteristik Bunyi

Bersumber dari benda yang bergetar, berupa gelombang longitudinal (berupa rapatan dan regangan). Termasuk gelombang mekanik(Bunyi memerlukan medium/zat perantara untuk merambat), Bunyi tidak dapat merambat dalam ruang hampa, Bunyi dapat dipantulkan.Tinggi rendahnya bunyi ditentukan oleh frekuensi. Kuat lemahnya bunyi ditentukan oleh amplitudo.

Pengelompokan bunyi berdasarkan frekuensinya :

1. Bunyi Infrasonik adalah bunyi yang frekuensinya < 20 Hz. bunyi ini tidak dapat didengarkan oleh manusia namun dapat didengarkan oleh anjing dan  jangkrik 

2. Bunyi audiosonik adalah bunyi yang frekuensinya diantara  20 Hz - 20.000 Hz. bunyi jenis inilah yang dapat didengarkan oleh manusia.

3. Bunyi ultrasonik adalah bunyi yang frekuensinya  > 20.000 Hz. bunyi jenis ini juga tidak dapat di dengarkan manusia. hewan yang mampu mengarkan bunyi jenis ini adalan lumba2, anjing dan kelelawar

 

Referensi Materi

-          Sri Handayani Lestari, dkk., Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021

-          Okky Fajar Tri Maryana, dkk., Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021

-          Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (26 Maret 2018). Miliki 127 Gunung Api Aktif Jadikan Indonesia “Laboratorium” Gunung Api Dunia. Diakses dari: https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsipberita/miliki-127-gunung-api-aktif-jadikan-indonesia-laboratorium-gunungapi-dunia tanggal 3 Desember 2020.

-          Kemdikbud. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari: https://kbbi.web.id/ tanggal 15 Desember 2020.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar