Minggu, 12 Juli 2020

Materi Konsep Gerak Benda Hari Senin Tanggal 13 Juli 2020 Kelas 8B Jam Ke 1-3





Bab 1 Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar
Kompetensi Dasar :
3.2       Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
Konsep Gerak
Gerak merupakan suatu perubahan tempat kedudukan pada suatu benda dari tempat awal. Sebuah benda dikatakan bergerak bila benda itu berpindah kedudukan terhadap benda lainnya baik perubahan kedudukan yang menjauh maupun yang mendekat.

Gerak dan Kecepatan


A. PENGERTIAN GERAK
      a.
 
                   
Bila troly (A) didorong dari titik X ke Y, maka:
-          Troly (A) bergerak terhadap titik X dan Y
-          Mengapa ? Karena kedudukan troly (A) berubah terhadap titik X maupun Y.

                       b.                 
                                                                                                      
Bila troly (P) dan (Q) ditarik, maka:
-     Troly (P) bergerak terhadap titik X dan Y
-     Troly (Q) bergerak terhadap titik X dan Y, tetapi
-    Troly (P) tidak bergerak terhadap troly (Q), karena kedudukan kedua troly tersebut tidak berubah (tetap).
Kesimpulan;
1.Benda dikatakan bergerak bila kedudukannya berubah terhadap benda lain sebagai acuan (patokan).
2.Benda dikatakan diam bila kedudukannya tidak mengalami perubahan (tetap) terhadap titik acuannya.
3.Gerak mempunyai pengertian relatif, sebab benda dikatakan diam atau bergerak ditinjau terhadap benda lain yang dipakai sebagai acuan.


LKPD Pertemuan Pertama
(Konsep gerak)

1.     Perhatikan dan amati gambar tersebut ?

 Bila troly (A) didorong dari titik X ke Y, apa yang terjadi …..

2.      Jelaskan mengapa trolly bisa bergerak  ?

3.     

Troly (P) tidak bergerak terhadap troly (Q), jelaskan benda dikatakan diam?

Oke anak anakku  sudah tahu konsep gerak  kan? Tanya aja yuk, dengan  diskusi melalui kolom komentar diblog ini dengan jelas !!
Untuk lembar kerja peserta didik  (LKPD) mohon untuk dikerjakan dibuku dan dikirimkan via wa 08154023109 (Wulan Aida PD) .
Terima kasih …………….


36 komentar:

  1. Bu saya HAIRUL IHZAN AGAM 8B
    Mau nanya:
    Yang pengertian nya di catet gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu dicatat tapi setelah memahami materi kalian mengerjakan lkpd yang sudah disiapkan . bagaimana materinya sudah paham belum hairul ?

      Hapus
  2. Bu saya Zainuri 8B
    Mau nanya :
    Yang pengertiannya itu di catet juga ya bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak perlu dicatat ya kalian pahami dulu konsep gerak benda . adakah kesulitan dari materi pembelajaran hari ini?

      Hapus
  3. Bu saya aggy -8b
    Jadi yg di kerjain yg lkpd aja ya bu?
    Jdi gausah di catet kan bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal aggy setelah memahami konsep gerak benda kalian bisa mengerjakan lkpd adakah kesulitan dari materi ini aggy

      Hapus
  4. bu saya bima kls8b
    maaf bu buku cetak IPA saya dari perpustakaan salah semester,yg di kasih semester 2

    BalasHapus
  5. saya reyfan deni 8B
    mengapa benda bisa dikatakan bergerak

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih reyfan senang sekali bertanya benda dikatakan bergerak karena adanya perubahan posisi atau kedudukan terhadap suatu titik acuan tertentu.

      Hapus
  6. bu saya yuka ramadani kls 8B
    menganai materi nya mudah di mengerti, tetima kasih atas materi nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih ramadani alhamdulilah materinya paham silahkan untuk lkpdnya dikerjakan ya

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Bu saya Fazilatun Nisa dari 8B mau bertanya:
    Apa yang dimaksud dengan perpindahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perpindahan adalah jarak dari posisi akhir dan posisi awal oleh suatu titik p yang bergerak .

      Hapus
  9. Bu saya: Zacky satria kls8b
    Ok Bu saya sudah mengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulilah kalau benda dikatakan tidak bergerak bisa dijelaskan ya

      Hapus
  10. Assalamualaikum Bu wulan,
    Sya sudah mengerjakan tugas ibu yang materi nya konsep gerak
    Terima kasih Bu
    Perkenalkan bu saya, Arya Wira 8b

    BalasHapus
  11. bu wulan saya CAHAYA PUTRI ZAHRA kls 8b
    saya sudah mengerti bu

    BalasHapus
  12. Regita amanda 8B
    Saya mengerti materi ny

    BalasHapus
  13. Assalamualaikum Bu Wulan saya asyifA Marsha Adelia kls 8b terima kasih atas tugas nya bu

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum bu wulan Saya Nuri luthfiah putri Kelas VIIIB Trimakasih bu tugasnya

    BalasHapus
  15. Bu saya Annisa devina kls 8b, saya sdh mengerti, Terimakasih tugasnya bu

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum bu, saya nabila rahmiati kls 8b, trimaksih tugas nya bu sya sudah mengerti

    BalasHapus
  17. mohon untuk komentar terkait pertanyaan ya anak anak sholeh dan sholeha

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum bu saya Pruezalya Ramadhani Wijaya dari 8B ingin bertanya apakah pengertiannya juga dicatat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikum salam salam kenal tidak perlu dicatat tetapi dipahami konsep gerak benda

      Hapus
  20. Ok Bu saya mengerti materi gerak

    BalasHapus
  21. Saya Panji Aditya Mahardika. S 8b
    Ok bu saya sudah mengerti terima kasih bu

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum Bu ulan saya Bima Saputra kls 8b
    Saya sudah mengerti dan saya sudah mengerjakan dan sudah di kumpulkan ok Bu makasih bu

    BalasHapus
  23. Arya Wira Wahyudi 8b
    Apa yg di maksud perpindahan?

    BalasHapus
  24. Saya rafi adrian pranata 8b
    Alhamdulillah bu saya mengerti,terima kasih bu atas tugas nya

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum makasih bu tugas nya
    Saya sudah mengerti ahmad diega jamaika kelas 8b

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum makasih bu tugas nya
    Saya sudah mengerti m.athalla putra laksana 8b

    BalasHapus
  27. M. Jhody alvasell kelas 8b
    (maaf bu comment nya telat)
    Terima kasih tugas nya bu, saya sudah mengerti tentang pergerakan

    BalasHapus