Keuntungan Mekanis Pesawat Sederhana
Pesawat
sederhana banyak digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Hal ini
dikarenakan pesawat sederhana memiliki nilai keuntungan mekanis. Ada tiga jenis
pesawata sederhana beserta nilai keuntungan mekanis pesawat sederhana yang akan
dibahas pada halaman ini. Jenis pesawat sederhana tersebut meliputi tuas atau
pengungkit, katrol, dan bidang miring.
Berapa nilai
keuntungan mekanis dari masing-masing jenis pesawat sederhana? Simak lanjutan
ulasan keuntungan mekanis pesawat sederaha. Meliputi keuntungan mekanis tuas
atau pengungkit, keuntungan mekanis katrol, dan keuntungan mekanis bidang
miring.
Keuntungan Mekanis Tuas
Pembahasan
keuntungan mekanis pesawat sederhana pertama adalah jenis pesawat sederhana
yang termasuk dalam tuas atau pengungkit. Tuas dikelompokkan menjadi 3 (tiga),
pengelompokan jenis tuas ini didasarkan pada letak kuasa, titik tumpu, dan
beban. Tuas jenis pertama memiliki letak titik tumpu yang berada di tengah.
Untuk tuas atau pengungkit jenis ke dua memiliki ciri-ciri letak titik beban
yang terletak di tengah. Sedangkan tuas dengan titik kuasa yang terletak di
tengah dikelompokkan pada kuas jenis ke tiga.
Ada tiga
titik yang terdapat pada kuas, yaitu titik tumpu, beban, dan kuasa. Perlu
diketahui juga bahwa terdapat istilah lengan beban dan lengan kuasa. Jarak
antara titik beban dengan titik tumpu disebut lengan beban. Sedangkan jarak
antara titik kuasa dengan titik tumpu disebut lengan kuasa. Keuntungan mekanis
tuas diberikan melalui persamaan di bawah.
Keuntungan Mekanis Katrol
Seperti halnya dengan keuntungan
mekanis pesawat sederhana jenis tuas, keuntungan mekanis katroldinyatakan melalui
perbandingan beban dan kuasa. Perhatikan posisi letak titik tumpu, beban, dan
kuasa pada katrol. Nantinya, berdasarkan letak titik tumpu, beban, dan kuasa
dapat ditentukan nilai keuntungan mekanis untuk masing-masing jenis katrol.
Pada
umumnya, ada tiga jenis katrol yang digunakan pada kehidupan sehari-hari, yaitu
katrol tetap, katrol bebas, dan katrol bergerak. Dalam katrol, nilai keuntungan
mekanis dari tiga jenis katrol tersebut berbeda.
Untuk katrol
tetap, nilai keuntungan mekanisnya adalah 1 (satu). Pada katrol bergerak,
keuntukan mekanis yang dimiliki adalah 2 (dua). Sedangkan pada katrol ganda
atau katrol majemuk, keuntungan mekanis katrolnya adalah sejumlah banyak tali
yang menopang benda.
Keuntungan Mekanis Bidang Miring
Pembahasan keuntungan mekanis pesawat
sederhana berikutnya adalah jenis pesawat sederhana bidang
miring. Nilai keuntungan mekanis bidang miring sama juga menggunakan
perbandingan berat dan kuasa. Nilain keuntungan mekanis bidang miring akan
sebanding dengan nilai perbandingan jarak lintasan bidang miring dan ketinggian
bidang miring. Persamaan keuntungan mekanis bidang miring dapat dilihat melalui
persamaan di bawah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar