Selasa, 18 November 2025

Kelas VIIA Jam Ke 1-3 dan Kelas VII C Jam Ke 5-6

 

Kelas VIIA   Jam Ke 1-3 dan Kelas VII C Jam Ke 5-6







 

Judul                           : Gerak dan Gaya

Mata Pelajaran             : IPA

Kelas                           : VII

Fase                             : D

Materi                          : Gaya

Pertemuan                    : 2

Guru Pengampu           :Wulan Aida Permata Dewi,S.Pd

Waktu Pembelajaran    : Selasa 18 November  2025

 

Capaian Pembelajaran :

Peserta didik melakukan pengukuran terhadap aspek fisis yang mereka temui dan memanfaatkan ragam gerak dan gaya, tekanan, serta pesawat sederhana

 

Tujuan Pembelajaran :

Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat

 

Peserta didik dapat menyebutkan macam-macam gaya.

 

Assalamualaikum wr wb

Bagaimana kabar sholeh sholeha ?  semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar.

Pada pertemuan sebelumnya kita sudah mempelajari gerak. Hari ini akan melanjutkan ke materi gaya .

Silakan kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu sholeh sholeha…

Materi pembelajaran    :\




 





















Evaluasi

 

Setelah melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan lembar kerja peserta didik terlampir sebagai berikut

 

 




Kesimpulan

 

Gaya adalah dorongan atau tarikan pada suatu benda yang bisa menyebabkan benda bergerak, mengubah arah, atau bentuknya.

Gaya Terbagi menjadi gaya sentuh dan tak sentuh

Contoh gaya sentuh antaralain gaya otot, gaya mesin, gaya pegas dan gaya gesek

Contoh gaya tak sentuh antaralain gaya listrik, gaya gravitasi dan gaya magnet

 

Referensi

Dwi Hardani, Budiyanti. 2021. Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Inabuy, Victoriani, dkk. 2021. Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar