Kelas VIII A Jam Ke 6-8
Judul : Sistem Peredaran
Darah
Mata pelajaran :
IPA
Kelas : VIII
Fase :
D
Materi : Gangguan
Peredaran Darah
Pertemuan :
3
Guru Pengampu :
Wulan Aida Permata Dewi,S.Pd
Waktu Pembelajran : 20 Oktober
2025
Capaian Pembelajaran :
Peserta
didik memahami proses identifikasi makhluk hidup sesuai dengan
karakteristiknya; sifat dan karakteristik zat, perubahan fisika dan kimia,
serta pemisahan campuran sederhana; sistem organisasi kehidupan, fungsi, serta
kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ; interaksi antar makhluk
hidup dan lingkungannya dalam merancang upaya-upaya untuk mencegah dan
mengatasi perubahan iklim; serta pewarisan sifat dan penerapan bioteknologi di
lingkungan sekitarnya
Tujuan Pembelajaran :
Mengetahui tentang struktur dan fungsi
organorgan peredaran darah, penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem
peredaran darah, dan bagaimana cara memelihara sistem peredaran darah
Assalamualaikum wr wb
Bagaimana kabar sholeh sholeha ? semoga kita dalam
keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar.
Pada pertemuan sebelumnya kita sudah
belajar mengenai
Sistem Peredaran Darah. Sistem peredaran darah manusia terdiri dari peredaran
darah besar dan peredaran darah kecil .
Hari ini akan membahas gangguan peredaran darah .
Silakan
kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu
sholeh sholeha…
Materi Pembelajaran
Evaluasi
Setelah
melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan lembar
aktivitas berikut (LKPD)
Kesimpulan Materi Pembelajaran
Gangguan
peredaran darah seperti :
Aterosklerosis
adalah suatu kondisi mengerasnya dinding pembuluh darah arteri dikarenakan timbunan
lemak yang menyumbat laju peredaran darah di pembuluh darah.
Stroke
merupakan penyakit yang disebabkan karena salah satu pembuluh darah di otak
tersumbat atau bahkan pecah sehingga otak kekurangan oksigen
Hipertensi
adalah suatu penyakit ketika tekanan darah seseorang sama atau di atas 140/90.
Hipertensi menyebabkan jantung bekerja lebih keras. Hipertensi juga
mengakibatkan pecahnya pembuluh darah.
Makanan
sangat berpengaruh untuk menentukan kualitas hidup seseorang. Mulai dari
sekarang, makanlah makan yang seimbang, rendah lemak jenuh, lemak trans, dan
kolesterol. Batasi konsumsi garam dan gula. Hindari merokok dan rutinlah
berolahraga. Ingatlah setiap berolahraga, kalian membantu untuk menguatkan otot
jantung
Referensi Materi
-
Sri
Handayani Lestari, dkk., Buku Panduan
Guru Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021
-
Okky
Fajar Tri Maryana, dkk., Ilmu Pengetahuan
Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan
Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
Jakarta, 2021
-







Tidak ada komentar:
Posting Komentar