Kelas VIII B Jam ke 1-3
dan VIII A Jam Ke 4-5
Judul :
Struktur bumi dan
perkembangannya
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas : VIII B dan VIII A
Fase : D
Elemen : Pemahaman IPA dan
Ketrampilan proses
Pertemuan : 2
Materi : Tsunami dan cuaca
Guru
Pengampu : Wulan Aida Permata
D,S.Pd
Waktu
Pembelajaran : 16 Mei 2025
Capaian Pembelajaran :
Peserta didik
mengelaborasikan pemahamannya mengenai posisi relatif bumi-bulan-matahari dalam
sistem tata surya untuk menjelaskan fenomena alam dan perubahan iklim..
Tujuan Pembelajaran :
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat :
1.
Mendeskripsikan terjadinya tsunami
sebagai bencana setelah
gempa
Assalamualaikum wr wb
Bagaimana kabar sholeh sholeha ? semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar. Sebelum memasuki materi hari ini , masih ingatkah bahwa dipertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang lempeng tektonik gempa
Hari ini kita akan melanjutkan materi Tsunami cuaca . Silakan kalian simak dan pahami pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu sholeh sholeha…
Materi pembelajaran :
Evaluasi
Setelah
melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan kegiatan LKPD berikut
Kesimpulan
Setelah memahami
materi tersebut dapat disimpulkan bahwa
:
Tsunami
adalah fenomena gelombang besar yang disebabkan oleh pergerakan air laut akibat
gempa bumi bawah laut, tanah longsor, atau letusan gunung berapi.
Penyebab Tsunami:
Tsunami
umumnya disebabkan oleh gempa bumi bawah laut, namun juga bisa terjadi akibat
tanah longsor bawah laut, letusan gunung berapi bawah laut, atau bahkan dampak
meteorit.
Dampak Tsunami:
Tsunami
dapat menyebabkan kerusakan yang sangat besar, termasuk banjir, kehancuran
infrastruktur, dan bahkan kematian
Cuaca
adalah keadaan udara dalam keadaan tertentu pada tempat tertentu
Curah
hujan terdapat Hujan Zenith, hujan orografis dan hujan frontal
Referensi
Materi
-
Sri
Handayani Lestari, dkk., Buku Panduan
Guru Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021
-
Okky
Fajar Tri Maryana, dkk., Ilmu Pengetahuan
Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan
Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
Jakarta, 2021
-
Kementerian
Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (26 Maret 2018). Miliki 127
Gunung Api Aktif Jadikan Indonesia “Laboratorium” Gunung Api Dunia. Diakses
dari:
https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsipberita/miliki-127-gunung-api-aktif-jadikan-indonesia-laboratorium-gunungapi-dunia
tanggal 3 Desember 2020.
-
Kemdikbud.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari: https://kbbi.web.id/ tanggal 15
Desember 2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar