Selasa, 28 April 2020

Materi sistem sonar dan pemanfaatanya hari selasa tanggal 28 april 2020 kelas 8C dan 8D jam ke 7-8 dan 9-10


Sistem Sonar dan Pemanfaatannya
Beberapa mamalia akan menggunakan daun telinga mereka untuk mengarahkan suara ke dalam saluran pendengarannya.Sistem ini disebut sistem sonar. Sistem sonar yaitu sistem yang digunakan untuk mendeteksi tempat dalam melakukan pergerakan dengan deteksi suara frekuensi tinggi (ultrasonik).
Sonar atau Sound Navigation and Ranging merupakan suatu metode penggunaan gelombang ultrasonik untuk menaksir ukuran, bentuk, dan kedalaman suatu benda.
Sistem Sonar
Pernahkah kamu melihat anjing menggerakkan telinganya? Anjing sering menggerakkan telinga ketika melakukan pelacakan atau berburu.Beberapa mamalia akan menggunakan daun telinga mereka untuk mengarahkan suara ke dalam saluranpendengarannya.

Sistem ini disebut sistem sonar yaitu sistem yang digunakan untuk mendeteksi tempat dalam melakukan pergerakan dengan deteksi suara frekuensi tinggi (ultrasonik).
Sonar atau Sound Navigation and Ranging merupakan suatu metode penggunaan gelombang ultrasonik untuk menaksir ukuran, bentuk, dan kedalaman bendabenda, seperti pada gambar

Daun telinga membantu hewan untuk menentukan arah dari mana suara tersebut datang dan akan dapat mendeteksi suara samar.

Kelelawar merupakan hewan yang mampu mendengarkan bunyi ultrasonik dengan frekuensi diatas 20.000 Hz, Kelelawar ini dapat mengeluarkan gelombang ultrasonik pada saat ia terbang.
Gelombang yang dikeluarkan akan dipantulkan kembali oleh benda-benda atau binatang lain yang akan dilewatinya dan diterima oleh suatu alat yang berada di tubuh kelelawar, kemampuan kelewar untuk menentukan lokasi ini disebut dengan ekolokasi.

Untuk terbang dan berburu, kelelawar akan memanfaatkan bunyi yang frekuensinya tinggi, kemudian mendengarkan gema yang dihasilkan.
Pada saat kelelawar mendengarkan gema, kelelawar tidak dapat mendengar suara lain selain dari yang dipancarkannya sendiri.Lebar frekuensi yang mampu didengar oleh makhluk ini sangat sempit, yang lazimnya menjadi hambatan besar untuk hewan ini karena adanya Efek Doppler.

Dalam hal ini, frekuensi suara yang dipantulkan dapat jatuh ke wilayah frekuensi yang tidak dapat didengar oleh kelelawar. kelelawar dapat menyesuaikan frekuensi suara yang dikirimkannya terhadap benda bergerak seolah sang kelelawar telah memahami Efek Doppler.

Pemanfaatan Sistem Sonar
Konsep sonar pada saat ekolokasi kelelawar memanfaatkan gelombang ultrasonik. Apakah para ahli sudah memanfaatkan konsep ini? gelombang ultrasonik telah dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Berikut beberapa pemanfaatan gelombang ultrasonik pada kehidupan manusia.

a) Gelombang ultrasonik dimanfaatkan untuk mengamati janin bayi dalam kandungan, yang dikenal dengan ultrasonografi (USG).

Alat ini akan memancarkan berkas ultrasonik ke rahim ibu hamil, kemudian melacak perubahan frekuensi bunyi mantul dari jantung yang berdenyut dan darah yang beredar. Pancaran pendek dari ultrasonik akan menghasilkan gambar penampang badan manusia.Denyut yang menabrak janin dan tulang belakang akan terpantul. Komputer menyimpan intensitas setiap denyut dan waktu arah gemanya.
Berdasarkan data, komputer akan menghitung kedalaman dan lokasi setiap benda yang menghasilkan gema, lalu menampilkan titik cerah pada monitor.

b) Gelombang ultrasonik digunakan untuk mendeteksi adanya penyakit pada manusia, seperti mendeteksi adanya kista pada ovarium.

c) Gelombang ultrasonik juga digunakan untuk menentukan kedalaman dasar lautan yang diperoleh dengan cara memancarkan bunyi ke dalam air.Gelombang bunyi akan merambat menurut garis lurus hingga mengenai sebuah penghalang, misalnya dasar laut.
Ketika gelombang bunyi itu mengenai penghalang, sebagian gelombang itu akan dipantulkan kembali ke kapal sebagai gema.Waktu yang dibutuhkan gelombang bunyi untuk bergerak turun ke dasar dan kembali ke atas diukur dengan cermat.

Perhatikan Gambar, dengan menggunakan data waktu dan cepat rambat bunyi di air laut, orang dapat menghitung jarak kedalaman laut dengan persamaan


Dengan: s = kedalaman lautan, v = kecepatan gelombang ultrasonik, dan t = waktu tiba gelombang ultrasonik.

Secara singkat prinsip kerja sonar pada gambar dijelaskan berikut ini. Alat pada kapal yang disebut transduser akan mengubah sinyal listrik menjadi gelombang ultrasonik yang dipancarkan ke dasar laut.Pantulan dari gelombang tersebut akan menimbulkan efek gema (echo) dan akan dipantulkan kembali ke kapal dan ditangkap oleh alat detektor. Sistem penerima pada kapal akan melakukan penghitungan mengenai jarak obyek, dengan menggunakan rumus yang telah kamu pelajari sebelumnya.
Dengan cara tersebut, manusia tidak perlu bersusah payah dalam mengukur kedalaman laut. Bayangkan jika harus mengukur menggunakan meteran, pasti sulit, bukan?
Tahukah kamu, proses pengukuran kedalaman laut tadi ternyata menirukan proses lumba-lumba dalam mencari mangsanya?
Sistem kapal selam modern yang dikembangkan manusia saat ini juga meniru sistem yang telah digunakan lumba-lumba sejak jutaan tahun lalu. Menakjubkan, bukan?
Mustahil seekor binatang mampu memiliki sistem sedemikian menakjubkan atas kehendaknya sendiri. Sistem tak tertandingi pada lumba-lumba adalah bukti bahwa Tuhan telah menciptakan mereka begitu sempurna

                           Tugas mandiri 4
1.      Jelaskan fungsi  dari system sonar ?
2.      Mengapa bentuk telingga pada manusia dan kelelawar berbeda, jelaskan gelombang apa yang dihasilkan dari kelelawar tersebut ?

35 komentar:

  1. Oke Bu,terimakasih
    -Nabilla 8C

    BalasHapus
  2. Terimakasih Bu
    Rasya Indi r.8c

    BalasHapus
  3. Terimakasih Bu
    ~M.Farhan 8c

    BalasHapus
  4. Terima kasih Bu.
    -Muhammad Fathi Farhat 8c

    BalasHapus
  5. Terima kasih bu
    Dedi setiawan 8D

    BalasHapus
  6. Oke bu terimakasih
    Amanda Shafa T 8C

    BalasHapus
  7. Terima kasih Bu atas materinya
    Najwa Azzukhrufiah
    Kls 8D

    BalasHapus
  8. Terimakasih bu
    -rafi ahmad b 8c

    BalasHapus
  9. Terima kasih bu
    Yoga Dwi Saputra 8C

    BalasHapus
  10. Terima kasih bu
    Muhammad vasech aljabbar 8c

    BalasHapus
  11. Terima kasih Bu
    M.reza rifansyah 8c

    BalasHapus
  12. Terimakasih buk
    M Rizki Pratama 8c

    BalasHapus
  13. Terima kasih Bu
    -Muhammad Tri Zaeri 8c

    BalasHapus
  14. terimakasih bu
    m.rasya adia c,8D

    BalasHapus
  15. Terima kasih bu
    Rizky Kurniawan 8d

    BalasHapus
  16. Terima kasih bu...
    Riffa Yudika 8d

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Makasih bu
    Chalista marta Ardian 8d

    BalasHapus
  19. Terimakasih bu
    Siti astiya zulfa 8D

    BalasHapus
  20. Terimakasih bu atas materinya, Bima8D

    BalasHapus
  21. Terima kasih bu
    ayu maharani,8d

    BalasHapus
  22. Trimakasih bu..
    Neza Agnesia 8d

    BalasHapus
  23. Terimakasih bu
    M faiq akbar 8c

    BalasHapus