Kamis, 16 Januari 2020

Materi Tekanan Zat cair Archimedes Hari Kamis Tanggal 16 Januari 2020 Kelas 8E dan 8D Jam ke 1-2 dan 8-10

Hukum Archimedes – Pernahkan kamu merasakan ketika mengambil batu yang berada di dasar sungai ataupun laut terasa lebih ringan ketika masih berada didalam air.
Tetapi, ketika sudah terangkat kamu merasa bahwa batu tersebut malah terasa lebih berat dibandingkan ketika kamu mengambil batu tersebut ketika masih didalam air.


Mengapa demikian ?
Apakah berat batu tersebut dapat berkurang atau terjadi suatu peristiwa yang membuat kamu bertanya kenapa dapat terjadi.
Sebenarnya berat batu tersebut tidak mengalami perubahan. Tetapi hanya mengalami peristiwa yang disebut dengan gaya tekan keatas yang disebabkan oleh hubungan antara massa dan air. Dimana, membuat kamu merasa batu tersebut terasa lebih ringan ketika masih berada didalam air dan terasa lebih berat ketika telah berada di atas air.
Perisitiwa tersebut telah dijelaskan oleh salah satu matematikawan asal Yunani yang bernama Archimedes.


Bunyi Hukum Archimedes

Dengan konsep yang telah dikemukakan oleh Archimedes. Maka, Archimedes mengeluarkan suatu catatan singkat yang dikenal dengan nama bunyi hukum archimedes. 

“Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair, maka benda tersebut akan memperoleh gaya yang disebut gaya apung (gaya ke atas) sebesar berat zat cair yang dipindahkannya”.
Dari bunyi hukum Archimedes diatas kita ketahui bahwasanya zat cair semisal air atau zat cair lainnya memiliki gaya tekan keatas atau disebut sebagai gaya apung.
Dimana, gaya apung tersebut akan menyebabkan beda yang tercelup kedalam air tersebut terasa lebih ringan massanya ketimbang saat diangkat di udara. Hal ini dikarenakan gaya tekan keatas atau kaya apung yang ditimbulkan oleh zat cair menekan massa benda keatas.


Posisi Benda Menurut Hukum Archimedes

penerapan hukum archimedes
potretcerita.blogspot.com
Dalam penerapan kesehariannya kamu akan mendapati beberapa kasus dimana ketika mencelupkan suatu benda kedalam air. Akan menghasilkan tiga kemungkinan yang disebabkan oleh benda yang tercelup tersebut, Yaitu :

1. Benda Tenggelam

benda tenggelam hukum archimedes
Ketika kamu memasukkan batu kedalam air maka kamu akan melihat batu tersebut akan langsung tenggelam ke dasar air. Hal ini dikarenakan massa jenis benda memiliki kondisi yang lebih besar dibandingkan massa jenis air (ρ benda > ρ cair) dan volume benda sama dengan volume zat cair yang dipindahkan (VA = Vf).
Sehingga, jika suatu benda dinyatakan tenggelam adalah ketika benda dicelupkan kedalam air, benda tersebut sepenuhnya berada di dasar air. Kemudian berlaku persamaan sebagai berikut.
W > Fa


2. Benda Melayang

benda melayang hukum archimedes
Ketika kamu memasukkan telur kedalam air untuk dibersihkan. Kamu akan melihat bahwasanya ada telur yang melayang dimana tidak berada dipermukaan dan tidak pula didasar. Kenapa demikian ?
Hal ini dikarenakan massa jenis benda dan massa jenis zat cair memiliki berat jenis yang sama (ρ benda = ρ cair). Dan volume benda sama dengan volume zat cair benda tersebut dicelupkan. Sehingga, membuat benda tersebut melayang diatas air. Ketika benda melayang diatas air akan menimbulkan persamaan sebagai berikut.
W = Fa


3. Benda Terapung

benda terapung hukum archimedes
Ketika sedang dipantai kamu akan melihat banyak kapal laut yang berada dipermukaan laut. Pernahkan kamu bertanya-tanya padahal kapal tersebut begitu besar tetapi, kenapa tidak tenggelam malah terapung diatas permukaan air ?.
Hal ini disebut sebagai benda terapung dimana ketika suatu benda dimasukkan kedalam air. Benda tersebut tercelup sebagian zat cair dan sisanya masih berada diudara sehingga disebut sebagai benda terapung.
Hal ini dikarenakan massa jenis benda lebih ringan dibandingkan dengan massa jenis air (ρ benda < ρ cair). Dan volume benda yang tercelup lebih lebih kecil dibandingka dengan volume benda (Vb > Vf). Sehingga, membuat benda yang dicelupkan ke dalam air akan terapung dipermukaan. Dari hal tersebut akan menimbulkan persamaan sebagai berikut.
W < Fa







Tidak ada komentar:

Posting Komentar