Rabu, 15 Januari 2020

Materi Hidrostatis Hari Rabu tanggal 15 Januari 2020 Kelas 8C dan 8E jam Ke 1-2 dan 6-8


Tekanan Zat Cair
Secara fisika, kita bisa membuktikan kalau penyelam yang bawah akan lebih sulit “berenang” dianding penyelam yang dekat dengan permukaan. Kenapa? Karena ia terkena tekanan hidrostatis yang lebih besar dibandingkan yang atas.
Apa sih tekanan hidrostatis itu?
Secara definisi, tekanan hidrostatis adalah tekanan yang diakibatkan oleh gaya yang ada pada zat cair terhadap suatu luas bidang tekan, pada kedalaman tertentu. Kasarnya, setiap jenis zat cair, akan memberikan tekanan tertentu, tergantung dari kedalamannya.
contoh soal rumus tekanan hidrostatis
Ya, jadi konsep ini lah yang membuat si penyelam yang berada di bawah, kepalanya akan “lebih sakit” daripada yang hanya di sekitar permukaan saja. Karena, dia mendapatkan tekanan dari zat cair (dalam hal ini laut). Contoh lain: ketika kamu lari di kolam renang, pasti akan terasa lebih “berat” dibandingkan di jogging track kan? Ya karena tubuh kamu mendapat tekanan dari air di kolam renang
Pokoknya, tekanan hidrostatis ini hanya sebatas seberapa besar tekanan yang diberikan zat cair di kedalaman tertentu. Tekanan Hidrostatis memiliki arti yaitu tekanan yang diakibatkan oleh zat cair yang diam pada suatu kedalaman tertentu. Besarnya tekanan hidrostatis juga tergantung dari ketinggian zat cair, massa jenis zat cair, dan percepatan gravitasi bumi.
contoh soal rumus tekanan hidrostatis
Rumus Tekanan Hidrostatis
Tekanan Hidrostatis juga mempunyai rumus – rumus, yaitu antara lain :
P = ρ x g x h = ρ . g . h
Keterangan :
P = Tekanan Hidrostatik (N/m2).
ρ = Massa Jenis Zat Cair (kg/m3).
g = Percepatan Gravitasi (m/s2).
h = Kedalaman Dari Permukaan Zat Cair (m).
Contoh Soal  Tekanan Hidrostatis
Seorang penyelam sedang melakukan penyelaman pada kedalaman 10 m di bawah permukaan air. Apabila massa jenis airnya 1.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi buminya 10 m/s2, maka cari dan tentukanlah tekanan hidrostatis yang dialami oleh seorang penyelam tersebut !
Penyelesaian :
Diketahui :
h = 10 m
ρ = 1.000 kg/m3
g = 10 m/s2
Ditanya : P =…..?
Jawab :
P = ρ . g . h
P = 1.000 . 10 . 10
P = 100.000 N/m2

Soal Latihan !
1.      Ikan berenang pada kedalaman 15 m di bawah permukaan air. Apabila massa jenis airnya 1.000 kg/m3 dan percepatan gravitasi buminya 10 m/s2, maka cari dan tentukanlah tekanan hidrostatis yang dialami oleh ikan yang sedang berenang tersebut !
2.      Seorang penyelam menyelam dengan kedalaman 3 m, massa jenis air 1.000 kg/m3, konstanta gravitasi pada tempat tersebut yakni 10 N/kg. Maka besar tekanan hidrostatisnya ialah?
3.      Perhatikan gambar dibawah ini!
gambar

Jika percepatan gravitasi bumi ialah 10 m/s2, maka tentukan tekanan hidrostatis yang dialami ikan?
4.      Pada botol apabila diisi oleh air hingga dengan ketinggian 50 m Pada dasar botol. Jika botol dilubangi 10 m dari dasarnya, maka tentukan tekanan hidrostatis pada lubang jika percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 dan massa jenis air 1000 kg/m3.
5.      Pada sebuah dasar kolam air dideteksi oleh alat pengukur tekana hidrostatis menunjukkan angka 50.000 pascal. Maka berapakah kedalaman kolam air tersebut?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar