Minggu, 01 September 2019

Materi Keuntungan mekanis dan prinsip pesawat sederhana pada otot dan rangka manusia kelas 8B tanggal 02 September


Keuntungan Mekanis Pesawat Sederhana
Pesawat sederhana banyak digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Hal ini dikarenakan pesawat sederhana memiliki nilai keuntungan mekanis. Ada tiga jenis pesawata sederhana beserta nilai keuntungan mekanis pesawat sederhana yang akan dibahas pada halaman ini. Jenis pesawat sederhana tersebut meliputi tuas atau pengungkit, katrol, dan bidang miring.
Keuntungan Mekanis Pesawat Sederhana
Berapa nilai keuntungan mekanis dari masing-masing jenis pesawat sederhana? Simak lanjutan ulasan keuntungan mekanis pesawat sederaha. Meliputi keuntungan mekanis tuas atau pengungkit, keuntungan mekanis katrol, dan keuntungan mekanis bidang miring.
Keuntungan Mekanis Tuas
Pembahasan keuntungan mekanis pesawat sederhana pertama adalah jenis pesawat sederhana yang termasuk dalam tuas atau pengungkit. Tuas dikelompokkan menjadi 3 (tiga), pengelompokan jenis tuas ini didasarkan pada letak kuasa, titik tumpu, dan beban. Tuas jenis pertama memiliki letak titik tumpu yang berada di tengah. Untuk tuas atau pengungkit jenis ke dua memiliki ciri-ciri letak titik beban yang terletak di tengah. Sedangkan tuas dengan titik kuasa yang terletak di tengah dikelompokkan pada kuas jenis ke tiga.
Ada tiga titik yang terdapat pada kuas, yaitu titik tumpu, beban, dan kuasa. Perlu diketahui juga bahwa terdapat istilah lengan beban dan lengan kuasa. Jarak antara titik beban dengan titik tumpu disebut lengan beban. Sedangkan jarak antara titik kuasa dengan titik tumpu disebut lengan kuasa. Keuntungan mekanis tuas diberikan melalui persamaan di bawah.
Keuntungan mekanis tuas

Keuntungan Mekanis Katrol
Seperti halnya dengan keuntungan mekanis pesawat sederhana jenis tuas, keuntungan mekanis katroldinyatakan melalui perbandingan beban dan kuasa. Perhatikan posisi letak titik tumpu, beban, dan kuasa pada katrol. Nantinya, berdasarkan letak titik tumpu, beban, dan kuasa dapat ditentukan nilai keuntungan mekanis untuk masing-masing jenis katrol.
Katrol tetap dan katrol bergerak
Pada umumnya, ada tiga jenis katrol yang digunakan pada kehidupan sehari-hari, yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan katrol bergerak. Dalam katrol, nilai keuntungan mekanis dari tiga jenis katrol tersebut berbeda.
Untuk katrol tetap, nilai keuntungan mekanisnya adalah 1 (satu). Pada katrol bergerak, keuntukan mekanis yang dimiliki adalah 2 (dua). Sedangkan pada katrol ganda atau katrol majemuk, keuntungan mekanis katrolnya adalah sejumlah banyak tali yang menopang benda.
Keuntungan Mekanis Katrol

Keuntungan Mekanis Bidang Miring
Pembahasan keuntungan mekanis pesawat sederhana berikutnya adalah jenis pesawat sederhana bidang miring. Nilai keuntungan mekanis bidang miring sama juga menggunakan perbandingan berat dan kuasa. Nilain keuntungan mekanis bidang miring akan sebanding dengan nilai perbandingan jarak lintasan bidang miring dan ketinggian bidang miring. Persamaan keuntungan mekanis bidang miring dapat dilihat melalui persamaan di bawah.
Keuntungan Mekanis Bidang Miring
 Prinsip Kerja Pesawat Sederhana pada Otot dan Rangka Manusia


Pada saat manusia beraktivitas; otot, tulang, dan sendi akan bekerja bersama-sama. Prinsip kerja ketiganya layaknya sebuah pengungkit; tulang berperan sebagai lengan, sendi sebagai titik tumpu, dan kerja otot (kontraksi atau relaksasi) sebagai gaya untuk menggerakkan bagian tubuh.

Kita ambil contoh prinsip kerja pesawat sederhana pada seorang atlet tenis.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhisadiJTP83ysT8_6irJvuzJpiY443Ox-72FRz64JA10niLCUriOnOy_-GP4Uhqu0fMSpVk7BRiJYtS-fwWit6lSdmMWg7WHljk0UWPyh8ogo_jmZ3dg9KnDXiMS22HgIaei2Fq7e3h9ti/s640/6+tenis.png

Pengungkit Jenis I

Pengungkit jenis I adalah titik tumpu berada di antara kuasa dan beban, seperti layaknya linggis dan pemotong kuku. Hal ini terjadi saat pemain tenis menengadahkan kepalanya menggunakan otot leher.

Pengungkit Jenis II

Pengungkit jenis II adalah beban posisinya berada di antara titik tumpu dan kuasa. Kondisi ini terjadi ketika pemain tenis mengangkat beban tubuhnya dengan bertumpu pada jari kaki menggunakan otot betisnya.

Pengungkit Jenis III

Pengungkit jenis III adalah kuasa posisinya di antara titik tumpu dan beban. Ketika pemain tenis menegangkan otot lengan dan bahu, terciptalah pengungkit jenis III.

Otot dan rangka bekerja bersama-sama pada saat seseorang melakukan gerakan. Hal ini seperti setiap bagian yang terdapat pada sepeda akan bekerja bersama-sama ketika sepeda tersebut bergerak.
tuas
Pada saat melakukan suatu aktivitas, otot, tulang, dan sendi akan bekerja bersama-sama. Prinsip kerja ketiganya seperti sebuah pengungkit, di mana tulang sebagai lengan, sendi sebagai titik tumpu, dan kontraksi atau relaksasi otot memberikan gaya untuk menggerakkan bagian tubuh.

Petunjuk Pengerjaan
Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang (x) pada salah satu huruf A, B, C, atau D!
Soal nomor 1
Semua peralatan sederhana yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia disebut ….
A.  pesawat rumit
B.  pesawat sederhana
C.  pesawat antariksa
D.  perkakas rumah tangga
Soal nomor 2
Berikut ini yang merupakan keuntungan menggunakan pesawat sederhana adalah ….
A.  memperbesar gaya
B.  menambah energi
C.  memperkecil usaha
D.  mengubah bentuk
Soal nomor 3
Berikut ini yang bukan termasuk jenis pesawat sederhana adalah ….
A.  tuas
B.  katrol
C.  roda berporos
D. roda berputar
Soal nomor 4
Gaya yang dikeluarkan untuk memindahkan beban disebut ….
A.  kuasa
B.  usaha
C.  tenaga
D.  daya
Soal nomor 5
Perhatikan gambar berikut!
Contoh Soal Materi Pesawat Sederhana Berbentuk Pilihan Ganda
Pernyataan yang benar tentang sistem kerja pengungkit sesuai gambar di atas adalah ….
A.  (A) titik kuasa dan (BC) lengan kuasa
B.  (B) titik kuasa dan (AB) lengan kuasa
C.  (C) titik kuasa dan (AB) lengan beban
D.  (D) lengan beban dan (BC) lengan kuasa
Soal nomor 6
Kuasa yang dibutuhkan untuk mengangkat beban pada pengungkit akan menjadi lebih kecil, apabila titik tumpu diletakkan ….
A.  di antara beban dan kuasa
B.  di tengah-tengah beban dan gaya
C.  menjauhi beban
D.  mendekati beban
Soal nomor 7
Berikut ini yang merupakan contoh tuas golongan ketiga adalah ….
A.   gunting
B.  alat pancing
C.  gerobak roda satu
D.  pemecah kemiri
Soal nomor 8
Pasangan jenis tuas dan contohnya yang benar adalah ….
A.  tuas golongan pertama : pemotong kertas
B.  tuas golongan kedua :  strappler
C.  tuas golongan kedua : pemecah kemiri
D.  tuas golongan ketiga :  jungkat-jungkit
Soal nomor 9
Seorang anak sedang mengungkit batu seperti terlihat pada gambar berikut.
Contoh Soal Materi Pesawat Sederhana Berbentuk Pilihan Ganda
Besarnya kuasa yang diperlukan anak untuk dapat mengungkit batu adalah ….
A.   20 Newton
B.  30 Newton
C.  40 Newton
D.  60 Newton
Soal nomor 10
Pada saat kita pergi ke pegunungan, maka jalan menuju ke pegunungan dibuat berkelok-kelok. Pembuatan jalan berkelok ini menggunakan prinsip ….
A.  bidang miring
B.  katrol
C.  tuas
D.  roda berporos
Soal nomor 11
Perhatikan gambar beberapa peralatan berikut!
Contoh Soal Materi Pesawat Sederhana Berbentuk Pilihan Ganda
Alat-alat yang bekerjanya berdasarkan prinsip bidang miring ditunjukkan oleh nomor ….
A.  (1) dan (2)
B.  (2) dan (3)
C.  (2) dan (4)
D.  (1) dan (3)
Soal nomor 12
Perhatikan gambar bidang miring berikut!
Contoh Soal Materi Pesawat Sederhana Berbentuk Pilihan Ganda
Sebuah balok yang beratnya 150 Newton ditarik di atas bidang miring dengan gaya F seperti pada gambar. Besarnya gaya F adalah ….
A.  60 Newton
B.  90 Newton
C.  200 Newon
D.  250 Newton
Soal nomor 13
Sebuah drum dengan beban 100 Newton akan dinaikkan ke dalam bak truk dengan gaya 50 Newton menggunakan bidang miring. Besarnya keuntungan mekanik yang didapatkan adalah ….
A.  1
B.  2
C.  4
D.  5
Soal nomor 14
Fungsi utama dari katrol tetap adalah ….
A.  memperkecil gaya
B.  merubah arah gaya
C.  memperbesar gaya
D.  merubah bentuk gaya
Soal nomor 15
Perhatikan gambar berikut!
Contoh Soal Materi Pesawat Sederhana Berbentuk Pilihan Ganda
Sebuah beban seberat 40 Newton ditarik ke atas dengan katrol tetap seperti pada gambar. Jika gesekan tali dan berat katrol diabaikan, maka gaya kuasa minimum yang diperlukan untuk mengangkat beban tersebut adalah ….
A.  12 Newton
B.  15 Newton
C.  30 Newton
D.  40 Newton
Soal nomor 16
Berikut ini yang termasuk katrol dengan keuntungan mekanik 2 adalah ….
Contoh Soal Materi Pesawat Sederhana Berbentuk Pilihan Ganda
Soal nomor 17
Keuntungan mekanik pada katrol majemuk ditentukan oleh ….
A.  jumlah katrol
B.  besarnya beban
C.  besarnya kuasa
D.  panjang lengan beban
Soal nomor 18
Penggunaan gear sepeda motor merupakan salah satu contoh dari penerapan prinsip ….
A.  bidang miring
B.  roda berporos
C.  tuas
D. katrol
Soal nomor 19
Berikut ini bukan merupakan alat yang bekerjanya menggunakan prinsip roda berporos adalah ….
A.  sepatu roda
B.  gear sepeda
C.  kursi roda
D.  kerekan bendera
Soal nomor 20
Di bawah ini yang merupakan contoh roda bersinggungan adalah ….
A.  roda sepeda yang dihubungkan rantai
B.  roda pada mobil truk
C.  mesin pada jam tangan
D.  roda pada bus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar