Kelas VIII A Jam Ke 1-3 dan VIII
B Jam Ke 9-10
Judul :
Getaran, gelombang dan cahaya
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas : VIII A dan VIII B
Fase : D
Elemen : Pemahaman IPA dan
Ketrampilan proses
Pertemuan : 3
Materi : Alat Optik
Guru
Pengampu : Wulan Aida Permata
D,S.Pd
Waktu
Pembelajaran : 20 Februari 2025
Capaian Pembelajaran :
Peserta
didik memahami hubungan konsep usaha dan energi, pengaruh kalor dan
perpindahannya terhadap perubahan suhu, gelombang dan pemanfaatannya dalam
kehidupan sehari-hari, gejala kemagnetan dan kelistrikan untuk menyelesaikan
tantangan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari termasuk pemanfaatan sumber
energi listrik ramah lingkungan.
Tujuan Pembelajaran :
Selama dan setelah mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik
diharapkan dapat :
Peserta
didik dapat Memahami teknologi teropong dan kamera secara sederhana
Assalamualaikum wr wb
Bagaimana kabar sholeh sholeha ?
semoga kita dalam keadaan sehat dan selalu semangat dalam belajar.
Sebelum memasuki materi hari ini , masih ingatkah bahwa dipertemuan sebelumnya
kita telah membahas indera penglihatan.
Hari ini kita akan
melanjutkan materi cahaya yaitu alat optik. Silakan kalian simak dan pahami
pemaparan materi kita diminggu ini.semangat selalu sholeh sholeha…
Materi pembelajaran :
Evaluasi
Setelah
melihat materi tersebut , mohon untuk dipahami materinya dan mengerjakan sumatif
terlampir sebagai berikut
Kesimpulan
Setelah memahami
materi tersebut dapat disimpulkan bahwa
:
Alat optik adalah sebuah alat yang
memanfaatkan sifat cahaya, hukum pemantulan, dan hukum pembiasan cahaya untuk
membentuk bayangan suatu benda.
Alat optic contohnya terdiri dari mata, kamera, mikroskop, teropong
dan lup.
Referensi
Materi
-
Sri
Handayani Lestari, dkk., Buku Panduan
Guru Ilmu Pengetahuan Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan
Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Riset, dan Teknologi, Jakarta, 2021
-
Okky
Fajar Tri Maryana, dkk., Ilmu Pengetahuan
Alam Untuk SMP Kelas VIII, Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan
Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi,
Jakarta, 2021
-
Kementerian
Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia (26 Maret 2018). Miliki 127
Gunung Api Aktif Jadikan Indonesia “Laboratorium” Gunung Api Dunia. Diakses
dari: https://www.esdm.go.id/id/media-center/arsipberita/miliki-127-gunung-api-aktif-jadikan-indonesia-laboratorium-gunungapi-dunia
tanggal 3 Desember 2020.
-
Kemdikbud.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diakses dari: https://kbbi.web.id/ tanggal 15
Desember 2020.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar