Kamis, 10 Juni 2021

Program Pengayaan Kelas 8CDE Hari KAmis Tanggal 10 Juni 2021

 

PROGRAM PENGAYAAN NILAI PENILAIAN AKHIR  TAHUN SEMESTER GENAP

 

Sekolah                                 : SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung

Kelas / Semester                   :  8C/8D/8E/ Genap

Mata Pelajaran                      :  IPA

KKM Mata Pelajaran           :  75

Materi  (KD/Indikator)        :  

3.8       Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan

3.9 Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan, serta upaya menjaga kesehatan  sistem pernapasan

3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem  ekskresi

3.11     Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan  sistem sonar pada hewan

3.12     Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga, dan prinsip kerja alat optic

 

No

Nama siswa

Nilai Ulangan

Keterangan

 

 

 

Di    Diberikan soal-soal  yang tingkat lebih dan

       materi lanjutan pada Bab berikutnya yang    

       esensial

 

Bandar Lampung , Juni  2021    

Guru Mata Pelajaran

 
Wulan Aida Permata D, S.Pd                                                                                                   

Pelaksanaan Program Pengayaan

1.      Cara yang dapat ditempuh:

a.       Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu

b.      Pemberian tugas untuk melakukan analisis bacaan/paragraf, dll.

c.       Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan

d.      Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.

2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan

a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari ,  bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi

b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:

·         setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau  pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal. 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar