Rabu, 07 April 2021

Konsep Getaran Hari Kamis Tanggal 15 April 2021 Kelas 8D & 8E

 

IPA Kelas 8D & 8E

SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung

KD 3.11. Menganalisis konsep getaran, gelombang dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan.

 

Materi Ajar : Konsep Getaran

Tujuan :

-       Peserta didik mampu menganalisis  konsep getaran

-       Peserta didik mampu menghitung frekuensi  ayunan getaran

 

Model Pembelajaran : Discovery Learning

Assalamualaikum wr wb

Halo anak2, apa kabar? Alhamdulillah bertemu lagi kita pada kesempatan yang sangat berbahagia ini. Minggu lalu kita sudah mempelajari tentang  sistem ekskresi manusia . Nah, kali ini kalian akan mempelajari tentang konsep getaran dan frekuensi ayunan getaran .

Informasi  bahwa MATERI KALI INI AKAN BERKAITAN JUGA DENGAN MATERI DI PELAJARAN SBK DAN IPS

Bingung yaa ?? Kok bisa ??

Jadi, spesial utk pertemuan kali ini di mapel IPA, SBK, dan IPS akan ada KOLABORASI materi antara 

1.      Konsep getaran dan frekuensi ayunan getaran

2.      Materi peragaan ragam gerak tari

3.       Perkembangan Indonesia di masa penjajahan

 

Rumit yaa ???? Oh. TENTU TIDAK !!!

Jadi  ada keterkaitan antara materi MEMPERAGAKAN GERAK TARI dengan FREKUENSI GETARAN di mapel IPA. Apa kaitannya?? Gerak dalam tari sejatinya juga merupakan fenomena fisika yang bisa dihitung dalam ilmu IPA 🤣😂

Nah dan juga ada keterkaitan loh antara materi RAGAN GERAK TARI dengan SEJARAH PERKEMBANGAN BANGSA DI MASA PENJAJAHAN. Karena sejatinya perkembangan dunia tari di Indonesia sudah berlangsung jauh bahkan sebelum Belanda n d'gengs masuk ke Indonesia. Otomatis pengaruh Belanda akan mendampak langsung kan ke perkembangan tari di Indonesia 😂😂

Sudah siap mari kita masuk kembali materi pembelajaran IPA  yaitu hari ini Konsep getaran dan frekuensi ayunan getaran

 

 

 

 

 

Setelah melihat materi  tersebut , mohon untuk dipahami  materinya dan menjawab soal berikut  :

 

1.     Jelaskan apa yang kamu ketahui mengenai getaran …

2.     Seorang penari bergerak melakukan gerakan sebanyak 8 ketukan (n) selama 4 sekon (t) Hitunglah berapa frekuensi(f) yang dibutuhkan dalam penari tersebut …

 

 

Soal dikerjakan  dibuku tulis serta kan nama dan kelas kalian . Dan jangan lupa  sertakan foto ss hasil jawaban ke via whatshapp dan foto aktivitas belajar , apabila ada yang belum jelas bisa ditanyakan ke ibu terima kasih . 

 

TUGAS KOLABORATIF MAPEL SBK, IPA, dan IPS

 

1. Pelajari materi kolaborasi yang diberikan guru kalian di mapel IPA, IPS, dan SBK masing2 kelas

2. Setelah semua materi kalian pelajari mulailah membuat video (SBK) 

3. Video berdurasi maksimal 3 menit. Silakan edit sekreatif mungkiin

4. Setelah video selesai dibuat POSTINGLAH VIDEO KALIAN DI INSTAGRAM KALIAN MASING2 dengan menetapkan hastag #pjblspalga, #pjblseni, #pjblips, dan #pjblipa. Tag akun IG @humas,spalga, @andreyhasan, @muhammadzopi, @yayasan_al azhar_lampung, @putrimia, dan @wulan. aida akun IG guru2 spalga lainnya.

 

 

 

SATU TUGAS UNTUK 3 MAPEL. Setujuuu ...????

Demikian blog kali ini ibu ucapkan selamat berjuang, selamat berkarya, dan selamat jadi pintar 🙏

Wassalamualaikum Wr.wb

 

 

32 komentar:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ibu ....
    Oke ibu terimakasih banyak atas tugas dan materi nya 🥰❤️
    -ANISA PUTRI8D 🧸

    Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum Bu, terimakasih atas materi dan tugasnya 🙏🏻
    -alifia sabrina 8d

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum bu terimakasih atas materi dan tugasnya
    -atika ghaisani 8d

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya Elifa Dewi Baryza 8D

    BalasHapus
  5. assalamualaikum Bu, terimakasih atas materi dan tugasnya 🙏
    -Desty Auliya Utami 8'D

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum terimakasih bu
    Dera 8d

    BalasHapus
  7. asalamualaikum terimakaih bu
    felina 8e

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum Bu, terimakasih atas materi dan tugasnya 🙏🏻
    -Ridho tri islando 8D

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum, terima kasih bu
    -Vakhroh Ardelia 8E

    BalasHapus
  10. assalamualaikum trmksh Bu
    Manda 8d

    BalasHapus
  11. assalamualaikum,terimakasih ibuuu
    –nilam septia 8d

    BalasHapus
  12. Assalamualaikum, terimakasih Bu
    Wijayanti 8d

    BalasHapus
  13. Assalamu'alaikum, terimakasih bu
    -Sultan Zacky A.H 8D

    BalasHapus
  14. Assalamualaikum terimakasih bu
    Naura 8e

    BalasHapus
  15. Assalamualaikum, terimakasih Bu.
    -Nayla Auriel Iryansyah 8E

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum terimakasih bu
    Naura 8e

    BalasHapus
  17. Assalamualaikum Bu terimakasih atas materinya
    -Naufal8d

    BalasHapus
  18. Assalamualaikum terimakasih bu...
    Nesia Penyimbang Putri 8D

    BalasHapus
  19. assalamualaikum terimakasih bu
    ferlina 8e

    BalasHapus
  20. assalamualaikum, terimakasih bu
    -rajwaqiqa 8E

    BalasHapus
  21. Assalamualaikum Bu, terimakasih atas materi dan tugasnya
    -Muhammad Satria Fadhil 8D

    BalasHapus
  22. Asaalamu'alaikum, terimakasih bu wulan
    -Raisyah 8e

    BalasHapus
  23. ASSALAMUALAIKUM BU TERIMAKASIH TUGAS NYA
    M.ZAHRAN AL-GHIFARY 8E

    BalasHapus
  24. Assalamualaikum buk terima kasih atas tugasnya
    M Amir Husein 8E

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum, terimakasih Bu
    -raisyah 8d

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum bu terimakasih atas tugasnya
    -Luthfi 8e

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum bu terimaksih atas tugasnya
    -Dava Abi Al corrin 8e

    BalasHapus
  28. assalamualaikum bu ,baik bu terimakasih atas tugasnya —s.r.azizah 8'd

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum Bu,terimakasih atas tugasnya
    -fayi Gusri kirana 8D

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh syukron Bu tugas nya
    -jihankhairunnisa8E

    BalasHapus
  31. Assalamualaikum trimakasih bu tugas nya
    Rasyid ar ridho 8e

    BalasHapus
  32. Assalamualaikum Bu terimakasih atas tugasnya
    Ibanez revaliano 8E

    BalasHapus