Minggu, 06 Desember 2020

KISI KISI PAS GANJIL IPA KELAS 8 Hari Senin 7 Desember 2020

 

 

 

 

KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL SMP/MTs KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

 

 

MATA PELAJARAN             : IPA

KELAS/SEMESTER             : VIII /GANJIL

KURIKULUM                        : 2013

BENTUK SOAL                    : PILIHAN JAMAK

 

 

Kompetensi Dasar

 

Materi pokok

Indikator Soal

No soal

 

3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak

 

 

 

 

 

 

Gerak dan Gaya

·   Kecepatan dan percepatan

·   Hukum Newton tentang gerak

·   Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem Gerak pada Manusia

·         Struktur dan fungsi rangka

·         Struktur dan fungsi sendi

·         Struktur dan fungsi otot

·         Gangguan pada sistem gerak

·         Upaya menjaga kesehatan sistem gerak

 

 

 

Siswa dapat menghitung kecepatan suatu benda berdasarkan jarak dan waktu  yang ditempuh

 

Disajikan beberapa pernyataan peristiwa yang berhubungan dengan gerak benda, siswa dapat mengelompokkan ke dalam  gaya sentuh atau gaya tak sentuh.

 

Disajikan peristiwa gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan penerapan peristiwa yang terjadi dengan hukum-hukum Newton tentang gerak benda

 

Disajikan soal  siswa dapat menganalisis HK  I Newton

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menghitung HK II Newton

 

 

Siswa dapat menyebutkan  bentuk macam macam tulang pada system gerak manusia

 

Siswa dapat menganalisis macam macam bentuk tulang

Siswa dapat menentukan macam bentuk tulang

 

 

Siswa dapat menyebutkan penghubung antar tulang

 

Disajikan gambar  sendi pada system gerak manuisa, siswa dapat menentukan jenis sendi berdasarkan ciri-ciri tersebut

 

Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri otot pada system gerak manusia

 

Disajikan pernyataan , siswa dapat menentukan jenis gangguan atau kelainan pada system gerak tersebut.

 

Disajikan gambar gerak tumbuhan, siswa dapat menyebutkan jenis gerak pada tumbuhan

 

 

 

1

 

 

 

2

 

 

 

        3

 

4

 

 

5

 

 

6

 

 

7

8

 

 

      9

      

     10

     

 

    11

      

 

    12

    

    13

 

 

   

 

 

    

 

 

    

3.3 Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia

 

Pesawat Sederhana

·         Jenis pesawat sederhana

·         Mekanisme kerja pesawat sederhana

·         Keuntungan mekanik

 

 

 

Disajikan soal siswa dapat menghitung besarnya usaha

Siswa dapat menjelaskan konsep pesawat sederhana

 

 

Siswa dapat menentukan jenis jenis pesawat sederhana

 

Disajikan gambar pesawat sederhana, siswa dapat mengelompokkan  benda kedalam  jenis pesawat sederhana

 

Disajikan gambar katrol, siswa dapat menentukan jenis katrol.

 

Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan jenis bidang miring

 

Siswa dapat mengelompokan jenis tuas/pengungit

 

 

Disajikan soal bidang miring, siswa dapat menghitung  keuntungan mekanis pesawat sederhana tersebut

 

 

    14

 

    15

 

 

    16

 

 

    17

 

 

   18

   

    19

  

    20

 

  

    21

 

  

3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya,  serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

 

 

Struktur dan Fungsi Tumbuhan

·       Struktur dan fungsi akar, batang, dan daun

·       Struktur dan fungsi bunga, buah, dan biji

·       Struktur dan fungsi jaringan

·       Teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan

 

.

Siswa dapat mengelompokan yang termasuk organ tumbuhan

 

Siswa dapat menjelaskan fungsi rambut akar

 

 

Siswa dapat menjelas fungsi utama daun

Disajikan pernyataan siswa dapat menjelaskan jaringan pada tumbuhan

 

Disajikan gambar struktur jaringan pengangkut  tumbuhan , siswa dapat menganalisis fungsi jaringan tumbuhan

Disajikan gambar anatomi akar, siswa dapat menjelaskan fungsi pada akar.

 

Siswa dapat mendeskripsikan jenis teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan.

 

Disajikan gambar siswa dapat menentukan teknologi yang terinsipirasi oleh struktur tumbuhan

 

   

  22 

 

 

  23

 

 

  24

   25

 

 

   26

   27

 

 

   28

 

  29


 

 


3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan

 

Sistem Pencernaan pada manusia

·       Zat makanan

·       Organ pencernaan

·       Enzim pencernaan

·       Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan

·       Upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan

 

Siswa dapat menentukan zat makanan yang terkandung pada bahan makanan

 

Disajikan pernyataaan siswa dapat menentukan zat makanan

 

Siswa dapat menyebutkan salah satu zat makanan

 

 

Siswa dapat menyebutkan urutan yang benar pada sistem pencernaan manusia

 

Disajikan gambar saluran pencernaan, siswa dapat menetukan organ pencernaan

 

Siswa dapat menentukan bagian system pencernaan manusia

 

30

 

 

31

 

 

32

 

 

33

 

 

34

 

 

35

 

 

 

Siswa dapat menganalisis penyakit/kelainan system pencernaan manusia

 

Siswa dapat menetukan jenis kelainan/gangguan system pencernaan berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.

 

 

 

 

36

 

 

37

3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan

 

Zat Aditif dan Zat Adiktif

·   Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman

·   Jenis zat adiktif

·   Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan

 

 

Siswa dapat menentukan zat aditif pada salah satu kandungan makanan.

 

 

Siswa dapat menentukan zat aditif   pada salah satu kandungan makanan

 

Disajikan gambar komposisi makanan pada kemasan, siswa dapat menentukan jenis zat aditif pada kandungan makanan tersebut

 

Siswa dapat menentukan  zat aditif pemanis  pada makanan

 

Siswa dapat menjelaskan konsep zat adiktif

 

Siswa dapat mengelompokan zat adiktif

 

Siswa dapat menyebutkan contoh dari zat psiko aktif

 

 

 

38

 

 

 

39

 

 

40

 

  41

 


 42

 

43

 

44

 


 

    

3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah

 

Sistem Peredaran Darah

·   Komponen darah

·   Organ peredaran darah

·   Jenis peredaran darah

·   Penyakit pada sistem peredaran darah

·   Upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah

 

Siswa dapat menentukan jenis jenis sel darah

 

 

Siswa dapat mengetahui organ  peredaran darah

 

 

Siswa dapat menentukan  jenis sel  darah

 

Siswa dapat menjelaskan fungsi darah

 

 

Siswa dapat menganalisis jenis gangguan/kelainan pada system peredaran darah

 

Siswa dapat mengetahui upaya menjaga kesehatan  pada system peredaran darah

 45

 

 

 46

 

 

 47

 

 48


 

 49


 

50


 

 

                                

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar