KISI-KISI SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL SMP/MTs KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021
MATA PELAJARAN : IPA
KELAS/SEMESTER : VIII /GANJIL
KURIKULUM : 2013
BENTUK SOAL : PILIHAN JAMAK
Kompetensi Dasar
|
Materi pokok |
Indikator Soal |
No soal |
3.2 Menganalisis gerak lurus, pengaruh gaya terhadap gerak berdasarkan Hukum Newton, dan penerapannya pada gerak benda dan gerak makhluk hidup
3.1 Menganalisis gerak pada makhluk hidup, sistem gerak pada manusia, dan upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
Gerak dan Gaya · Kecepatan dan percepatan · Hukum Newton tentang gerak · Penerapan Hukum Newton pada gerak makhluk hidup dan benda
Sistem Gerak pada Manusia · Struktur dan fungsi rangka · Struktur dan fungsi sendi · Struktur dan fungsi otot · Gangguan pada sistem gerak · Upaya menjaga kesehatan sistem gerak
|
Siswa dapat menghitung kecepatan suatu benda berdasarkan jarak dan waktu yang ditempuh
Disajikan beberapa pernyataan peristiwa yang berhubungan dengan gerak benda, siswa dapat mengelompokkan ke dalam gaya sentuh atau gaya tak sentuh.
Disajikan peristiwa gerak benda dalam kehidupan sehari-hari, siswa dapat menentukan penerapan peristiwa yang terjadi dengan hukum-hukum Newton tentang gerak benda
Disajikan soal siswa dapat menganalisis HK I Newton
Disajikan pernyataan siswa dapat menghitung HK II Newton
Siswa dapat menyebutkan bentuk macam macam tulang pada system gerak manusia
Siswa dapat menganalisis macam macam bentuk tulang Siswa dapat menentukan macam bentuk tulang
Siswa dapat menyebutkan penghubung antar tulang
Disajikan gambar sendi pada system gerak manuisa, siswa dapat menentukan jenis sendi berdasarkan ciri-ciri tersebut
Siswa dapat menyebutkan ciri-ciri otot pada system gerak manusia
Disajikan pernyataan , siswa dapat menentukan jenis gangguan atau kelainan pada system gerak tersebut.
Disajikan gambar gerak tumbuhan, siswa dapat menyebutkan jenis gerak pada tumbuhan
|
1
2
3
4
5
6
7 8
9
10
11
12 13
|
3.3 Menjelaskan konsep pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
|
Pesawat Sederhana · Jenis pesawat sederhana · Mekanisme kerja pesawat sederhana · Keuntungan mekanik
|
Disajikan soal siswa dapat menghitung besarnya usaha Siswa dapat menjelaskan konsep pesawat sederhana
Siswa dapat menentukan jenis jenis pesawat sederhana
Disajikan gambar pesawat sederhana, siswa dapat mengelompokkan benda kedalam jenis pesawat sederhana
Disajikan gambar katrol, siswa dapat menentukan jenis katrol.
Disajikan pernyataan siswa dapat menentukan jenis bidang miring
Siswa dapat mengelompokan jenis tuas/pengungit
Disajikan soal bidang miring, siswa dapat menghitung keuntungan mekanis pesawat sederhana tersebut
|
14
15
16
17
18 19 20
21
|
3.4 Mendeskripsikan keterkaitan struktur jaringan tumbuhan dan fungsinya, serta teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
Struktur dan Fungsi Tumbuhan · Struktur dan fungsi akar, batang, dan daun · Struktur dan fungsi bunga, buah, dan biji · Struktur dan fungsi jaringan · Teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan
|
. Siswa dapat mengelompokan yang termasuk organ tumbuhan
Siswa dapat menjelaskan fungsi rambut akar
Siswa dapat menjelas fungsi utama daun Disajikan pernyataan siswa dapat menjelaskan jaringan pada tumbuhan
Disajikan gambar struktur jaringan pengangkut tumbuhan , siswa dapat menganalisis fungsi jaringan tumbuhan Disajikan gambar anatomi akar, siswa dapat menjelaskan fungsi pada akar.
Siswa dapat mendeskripsikan jenis teknologi yang terinspirasi oleh struktur tumbuhan.
Disajikan gambar siswa dapat menentukan teknologi yang terinsipirasi oleh struktur tumbuhan
|
22
23
24 25
26 27
28
29
|
3.5 Menganalisis sistem pencernaan pada manusia, gangguan yang berhubungan dengan sistem pencernaan, serta upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
|
Sistem Pencernaan pada manusia · Zat makanan · Organ pencernaan · Enzim pencernaan · Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan · Upaya menjaga kesehatan sistem pencernaan
|
Siswa dapat menentukan zat makanan yang terkandung pada bahan makanan
Disajikan pernyataaan siswa dapat menentukan zat makanan
Siswa dapat menyebutkan salah satu zat makanan
Siswa dapat menyebutkan urutan yang benar pada sistem pencernaan manusia
Disajikan gambar saluran pencernaan, siswa dapat menetukan organ pencernaan
Siswa dapat menentukan bagian system pencernaan manusia
|
30
31
32
33
34
35 |
|
|
Siswa dapat menganalisis penyakit/kelainan system pencernaan manusia
Siswa dapat menetukan jenis kelainan/gangguan system pencernaan berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
|
36
37 |
3.6 Menjelaskan berbagai zat aditif dalam makanan dan minuman, zat adiktif, serta dampaknya terhadap kesehatan
|
Zat Aditif dan Zat Adiktif · Jenis zat aditif (alami dan buatan) dalam makanan dan minuman · Jenis zat adiktif · Pengaruh zat aditif dan adiktif terhadap kesehatan
|
Siswa dapat menentukan zat aditif pada salah satu kandungan makanan.
Siswa dapat menentukan zat aditif pada salah satu kandungan makanan
Disajikan gambar komposisi makanan pada kemasan, siswa dapat menentukan jenis zat aditif pada kandungan makanan tersebut
Siswa dapat menentukan zat aditif pemanis pada makanan
Siswa dapat menjelaskan konsep zat adiktif
Siswa dapat mengelompokan zat adiktif
Siswa dapat menyebutkan contoh dari zat psiko aktif
|
38
39
40
41
42
43
44
|
3.7 Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
Sistem Peredaran Darah · Komponen darah · Organ peredaran darah · Jenis peredaran darah · Penyakit pada sistem peredaran darah · Upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
|
Siswa dapat menentukan jenis jenis sel darah
Siswa dapat mengetahui organ peredaran darah
Siswa dapat menentukan jenis sel darah
Siswa dapat menjelaskan fungsi darah
Siswa dapat menganalisis jenis gangguan/kelainan pada system peredaran darah
Siswa dapat mengetahui upaya menjaga kesehatan pada system peredaran darah |
45
46
47
48
49
50 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar