Sekolah
: SMP Al-Azhar3 Bandar Lampung
Kelas / Semester
: VIII (Delapan)
/ Genap
Mata Pelajaran
: I P
A
Ulangan : PAT SEMESTER GENAP
TanggalUlanganHarian :
KKM :
75
BentukSoal
: Pilihan Ganda
MateriUjian (KD) :
3.7 Menganalisis sistem peredaran
darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta
upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
3.8 Memahami tekanan
zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah,
osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
3.9 Menganalisis
sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan
serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada
sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
3.11 Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan
sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
3.12
Menganalisis
sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta
penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata serangga dan prinsip kerja alat optik
Kelas :
8
No.
|
Nama Siswa
|
Nilai Ulg
|
Indikator yg tdk dikuasai
|
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
|
Nomor Soal yang dikerjakan dalamTes
Remidial
|
Nilai Tes Rem
|
Ket.
|
( 1
)
|
( 2
)
|
( 3
)
|
( 4
)
|
( 5
)
|
( 6
)
|
(7)
|
(8)
|
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
4
|
|||||||
5
|
|||||||
6
|
|||||||
7
|
|||||||
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
|
Rencana Ulangan Remedial
:
Keterangan :
● Pada kolom( 6 ), masing-masing
indicator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat
kesukaran berbeda-beda
Misalnya : Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
Indikator 3
menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
● Pada kolom( 7 ), nilai yang
diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidaktuntasnya
dari siswa yang telah ikut remidial, karena
nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa AcodanBesse
memperoleh nilai setelah remedial masing-masing 75 (batas ketuntasan).
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran
Remedial
1. Cara
yang dapat ditempuh
a. Pemberian bimbingan
secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami
kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian tugas-tugas
atau perlakuan (treatment) secara
khusus, yang sifatnya penyederhanaan
dari pelaksanaan pembelajaran regular.
Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antaralain melalui:
a. Penyederhanaan strategi pembelajaran
untuk KD tertentu
b. Penyederhanaan cara penyajian
(misalnya: menggunakan gambar, model,
skema, grafik, memberikan rangkuman yang
sederhana, dll.)
c. Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2. Materi
dan waktu pelaksanaan program remedial
a. Program
remedial diberikan hanyapada KD atauindikator yang belum tuntas.
b. Program
remedial dilaksanakan setelah mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah
KD dalam satukesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran
remedial:
● Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial
maksimal 20%.
● Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah
peserta didik yang mengikuti remedy lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%.Pembelajaran ulang diakhiri
dengant es individual (tertulis) bila jumlah pesertadidik yang mengikuti
remedial ebih dari 50 %.
Bandar Lampung, 2020
Guru
Mata Pelajaran,
Wulan Aida
Permata D, S,Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar