Rabu, 10 Juni 2020

PROGRAM REMIDIAL IPA Kelas 8 Hari Rabu Tanggal 10 Juni 2020


PROGRAM REMIDIAL


Sekolah                                     : SMP Al-Azhar3 Bandar Lampung 
Kelas / Semester                      : VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                         : I P A
Ulangan                                    : PAT SEMESTER GENAP
TanggalUlanganHarian   :
KKM                                         : 75
BentukSoal                               : Pilihan Ganda
MateriUjian (KD)                       :  
3.7  Menganalisis sistem peredaran darah pada manusia dan memahami gangguan pada sistem peredaran darah, serta upaya menjaga kesehatan sistem peredaran darah
3.8  Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
3.9    Menganalisis sistem pernapasan pada manusia dan memahami gangguan pada sistem pernapasan serta upaya menjaga kesehatan sistem pernapasan
3.10 Menganalisis sistem ekskresi pada manusia dan memahami gangguan pada sistem ekskresi serta upaya menjaga kesehatan sistem ekskresi
3.11  Menganalisis konsep getaran, gelombang, dan bunyi dalam kehidupan sehari-hari termasuk sistem pendengaran manusia dan sistem sonar pada hewan
3.12  Menganalisis sifat-sifat cahaya, pembentukan bayangan pada bidang datar dan lengkung serta penerapannya untuk menjelaskan proses penglihatan manusia, mata  serangga dan prinsip kerja alat optik
                                               
Kelas                                        : 8

No.
Nama Siswa
Nilai Ulg
Indikator yg tdk dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalamTes  Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1







2







3







4







5







6







7







8







9







10







11







12







13







14







15








Rencana Ulangan Remedial       :    

Keterangan :
      Pada kolom( 6 ), masing-masing indicator  dibuatkan 1 atau 2 nomor soal  dengan tingkat  kesukaran  berbeda-beda
        Misalnya     :   Indikator 2 menjadi 2 soal  yaitu nomor 1, 2
                              Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
      Pada kolom( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidaktuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena  nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa AcodanBesse  memperoleh nilai setelah remedial masing-masing 75 (batas ketuntasan).

Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.  Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau  mengalami  kesulitan  dalam  penguasaan KD tertentu.
b.  Pemberian  tugas-tugas  atau perlakuan (treatment) secara  khusus, yang sifatnya penyederhanaan  dari  pelaksanaan  pembelajaran regular.
      Bentuk  penyederhanaan  itu  dapat  dilakukan guru antaralain  melalui:
      a.  Penyederhanaan  strategi  pembelajaran  untuk KD tertentu
      b.  Penyederhanaan cara  penyajian (misalnya: menggunakan  gambar, model, skema, grafik, memberikan  rangkuman yang sederhana, dll.)
       c.  Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a.  Program remedial diberikan hanyapada KD atauindikator  yang belum tuntas.
b.  Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satukesatuan

Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
      Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila  jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
      Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedy lebih dari  20% tetapi kurang dari 50%.Pembelajaran ulang diakhiri dengant es individual (tertulis) bila jumlah pesertadidik yang mengikuti remedial ebih dari 50 %. 


                                                                                                                                                                                                        Bandar Lampung,                 2020
Guru Mata Pelajaran,




                                                                                                                                     Wulan Aida Permata D, S,Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar